Siswa SMAN 1 Kalianda Pilah-pilih Perguruan Tinggi Lewat ABM

Siswa SMAN 1 Kalianda Pilah-pilih Perguruan Tinggi Lewat ABM

Siswa SMA Negeri 1 Kalianda tengah serius menghadapi asesmen bakat dan minat (ABM). Program dari Kemendikbud itu bisa dijadikan bahan acuan bagi siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.--Randi

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - Siswa-siswi SMA Negeri 1 Kalianda telah menghadapi asesmen bakat minat (ABM).

Program itu merupakan terobosan baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang diperuntukkan secara khusus bagi siswa-siswi di kelas 12.

 

Nantinya hasil nilai yang dikeluarkan dari sistem ABM akan menjadi bahan untuk menganalisis bakat, dan minat yang menjadi tujuan siswa.

Kemudian hasilnya kelak bisa dijadikan sebagai bekal sekaligus acuan siswa dalam memilih program studi di perguruan tinggi manapun.

 

"Program pertama peluncuran, dan alhamdulillah lancar pelaksanaanya. Semoga barokah," ujar Kepala SMA Negeri 1 Kalianda, Darmiyati, M.Pd. kepada Radar Lamsel, Rabu, 22 November 2023.

 

Darmiyati menjelaskan ABM adalah ujian atau tes supaya bisa mengarahkan siswa ke minat yang lebih cocok bagi mereka.

Dari tes itu, lanjut Darmiyati, siswa-siswi akan mengetahui berapa nilai di minat yang diinginkan.

 

BACA JUGA:Aturan Main Bapanas Tak Berlaku di Palas Aji Sekdes: Pemotongan Beras Sudah Tepat Demi Pemerataan

Lalu nilai tersebut juga bisa menuntut siswa melanjutkan kuliah di bidang yang cocok. "Tetapi balik lagi, semuanya tergantung pilihan siswa. ABM hanya fasilitas yanh diberikan Kemendikbud untuk mengetahui si siswa cocoknya di bidang apa," katanya. (rnd)

 

Sumber: