Peringatan HKN di Tulangbawang: Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju

Peringatan HKN di Tulangbawang: Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju

--

TULANG BAWANG, LAMPUNGNEWSPAPER - Transportasi kesehatan tidak akan terwujud tanpa budaya kerja yang kokoh dari para insan kesehatan. PJ Bupati TULANG BAWANG, Qudrotul Ikhwan, menegaskan pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan sebagai pilar utama dalam perubahan sistem kesehatan.

 

BACA JUGA:Sidang Lanjutan Mantan Kasatresnarkoba Polres Lamsel, Jaksa Cecar Calo Tiket Kapal

 

"Ini menyangkut mindset (pola pikir). Mindset melayani untuk nakes (tenaga kesehatan) dan masyarakat harus lebih berdaya untuk berprilaku hidup sehat," ujar PJ Bupati Qudrotul Ikhwan dalam puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kampung Panca Karsa, Kecamatan Banjar Baru, Selasa (21/11/2023).

 

Peringatan HKN dihadiri oleh perwakilan nakes, organisasi profesi kesehatan, forkompinda, ketua DPRD, Kodim 0426 TB, Polres Tulang Bawang, Camat se-kabupaten Tulang Bawang, perwakilan Dinas Kesehatan provinsi Lampung, dan seluruh Puskesmas se-kabupaten Tulang Bawang.

 

Sebelum kegiatan HKN dimulai, seluruh masyarakat dan pejabat melibatkan diri dalam makan buah secara serentak.

 

Dalam peringatan HKN ke-59 tahun ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengusung tema "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju". Transformasi kesehatan mencakup enam pilar, seperti transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.

 

Qudrotul Ikhwan mengajak seluruh masyarakat Tulang Bawang untuk bersama-sama membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. "Transformasi bidang kesehatan yang lebih baik memerlukan kolaborasi dan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah," ungkapnya.

 

Sumber: