Pemkot Bandar Lampung Berangkatkan Ribuan Warga Ibadah Umrah

Pemkot Bandar Lampung Berangkatkan Ribuan Warga Ibadah Umrah

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memberangkatkan ribuan warganya untuk pergi umrah--Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memberangkatkan ribuan warganya untuk pergi umrah.

Di tahun 2023 ini saja, sudah 1.210 orang diberangkatkan ke tanah suci Mekkah. Dengan rincian pada awal tahun sebanyak 500 orang telah diberangkatkan dan akhir tahun ini, ada 710 orang yang umrah.

Selanjutnya pada awal 2024, rencananya Pemkot Bandar Lampung akan kembali memberangkatkan ratusan warganya pergi umrah.

"Ini adalah warga Bandar Lampung yang telah ditunjuk untuk berangkat umrah. Mereka adalah warga yang tidak mampu," ujar Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana, usai manasik umrah di Gedung Semergou, kantor pemkot setempat, Senin (20/11/2023).

Orang nomor satu di Kota Tapis Berseri ini mengungkapkan, keberangkatan kali ini bagi masyarakat yang seharusnya berangkat di tahun 2020 dan 2021 namun tertunda.

"Jadi akan diberangkatkan akhir tahun ini. InsyaAllah diberikan kelancaran. Dan ini adalah doa warga Bandar Lampung," ungkapnya.

BACA JUGA:Viral Mahasiswa Asal Lampung Bentangkan Spanduk Minta Tolong Kapolri di Prosesi Wisuda,Ini Kata Polda Lampung

Bunda Eva, sapaan akrabnya juga mengakui, untuk warga yang umrah di tahun 2022 dan 2023 ada 1000 lebih yang diberangkatkan.

Namun, lanjut Bunda Eva, bahwa warga yang diberangkatkan umrah tersebut merupakan warga Bandar Lampung yang tidak mampu.

"Seperti tadi ada pedagang asongan, tuna netra, pedagang di pasar dan yang kesetemunya," kata dia.

Sementara itu, Kabag Kesra Kota Bandar Lampung, Joni Asman mengungkapkan, yang mengikuti manasik umrah kali ini ada sebanyak 710 orang akan diberangkatkan akhir tahun ini.

Dari jumlah tersebut terbagi menjadi 3 kloter. Yaitu pada kloter pertama akan mulai diberangkatkan tanggal 26 November.

"Warga yang berangkat mulai dari manula atau yang masih singgle. Tergantung mereka pada momen apa diberikan umrah pada Walikota," katanya.

Joni mengaku, anggaran untuk umrah tersebut telah dilelang pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Bandar Lampung.

Berdasarkan LPSE tersebut, diketahui 710 orang pemenang tendernya adalah PT. Perjalanan Umrah Madinah Iman Wisata dengan nilai Rp21.885.750.000,-.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandar Lampung, M. Nur Ramdhan mengatakan, per satu orang jamaah umrah menghabiskan anggaran Rp32 juta.

"Pada Februari 2023 sebanyak 500 jemaah telah diberangkatkan dan ini menghabiskan Rp16 miliar," katanya. (dka)

Sumber: