UPT Puskesmas Kalianda Optimis Akreditas Paripurna

UPT Puskesmas Kalianda Optimis Akreditas Paripurna

--upt puskesmas

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - UPT Puskesmas Kalianda tengah bersiap-siap menghadapi akreditasi. Penilaian akreditasi dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi (LPA) atau Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Primer (Lafkespri) pada tanggal 20, 21, dan 22 November ini.

Sekadar informasi, status UPT Puskesmas Kalianda sekarang ini sudah menyandang akreditasi madya. Pihak puskesmas berharap penilaian kali ini bisa menjadi batu loncatan bagi mereka untuk melangkah ke status yang lebih tinggi, yaitu akreditasi paripurna.

Kepala UPT Puskesmas Kalianda, Ns. Metti Asmiraz S.Kep, mengungkap bahwa hal pertama yang harus dipersiapkan untuk menghadapi akreditasi adalah komitmen.

Khususnya bagi seluruh pegawai Puskesmas Kalianda yang harus meningkatkan mutu pelayanan. Metti mengatakan persiapan lain yang dilakukan adalah kondisi fisik dari ruangan-ruangan pelayanan, dan juga fasilitas pelayanan.

Bagian yang tak boleh terlewatkan yaitu dokumen akreditasi yang sudah dibuat oleh lima kelompok kerja (Pokja) sesuai dengan format penilaian.

"Kami sudah menyicil dari awal tahun kemarin untuk persiapan akreditasi ini," ujarnya, Minggu, 19 November 2023.

BACA JUGA:Terbukti Korupsi, Tubagus Dihukum 3 Tahun Bui

Penilaian di hari pertama akan dilakukan secara dari atau online. Barulah di hari kedua dan ketiga penilaian dilakukan secara luring. Metti mengaku optimistis kalau Puskesmas Kalianda bisa meraih akreditasi yang lebih tidak. Paling tidak, harga matinya mempertahankan status yang sudah disandang.

"Inshaallah bisa naik. Enggak dapat paripurna, naik ke utama. Tapi kami optimis dan semangat mencapai paripurna, yakin bisa," katanya. (rnd)

Sumber: