ITERA Beri Kesempatan Pengunjung Amati Benda Langit

  ITERA Beri Kesempatan Pengunjung Amati Benda Langit

– Pengunjung Lamsel Expo mengantre di Stand ITERA yang memberi kesempatan mengamati benda langit lewat alat teropong yang milik ITERA, Sabtu (18/11) malam lalu.--David Kurniawan

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - Kegiatan pengamatan benda langit di malam hari menggunakan teleskop masih menjadi hal tabu bagi sebagian masyarakat di Lampung Selatan.

 

Tapi pengalaman meneropong objek langit ini telah dirasakan masyarakat pada kegiatan Ngabril atau ngamat bareng OAIL (Observatorium Astronomi Itera Lampung) di Stand Kampus Itera di Lampung Selatan Expo, Sabtu (18/11) malam kemarin.

 

Observatorium Astronomi Itera, Adit mengatakan, Ngamat Bareng OAIL merupakan sebuah program pengamatan objek langit di malam berasama Observatorium Astronomi Itera Lampung.

 

 "Program pengamatan objek lagit malam hari bersama OAIL di Lampung Selatan Expo ini  juga bisa dinikmati pengunjung. Pengunjung bisa merasakan sensasi mengamati benda langit menggunakan teleskop," kata Adit kepada Radar Lamsel, Sabtu malam lalu.

 

BACA JUGA:Pendapatan Daerah Lamsel Ditarget Naik Rp 215 M, PAD Ditarget Rp 15 M 

 

Pada kegiatan tersebut OAIL juga menggunakan Teleskop Robotik Itera, dengan teropong robotik ini pengunjung bisa menikmati hasil pengamatan benda langit langsung di layar monitor.

 

Adit menuturkan, pada kegiatan Ngabril di Lampung Selatan Expo Oail melakukan pengamatan bulan, bintang, saturnus, dan jupiter. Kegiatan itu sebagai edukasi masyarakat tentang astronomi.

"Pengunjung juga bisa mengamati bulan hasil tangkapan teleskop robotik Itera di layar monitor. Selain kita juga menggelar diskusi dan tanya jawab kepada pengujung," sambungnya.

Reni (33) salah satu pengunjung mengaku, kegiatan pengamatan benda langit ini baru ia rasakan di kegiatan Ngabril di Stand Kampus Itera. Baginya, kegiatan ini merupakan sebuah edukasi untuk masyarakat yang masih awam tentang astronomi.

"Seru, ini baru pertama kali saya meneropong bulan dengen teleskop. Selain memberikan pengalaman baru Oail juga memberikan edukasi tentang gerhana, atau galaksi hasil tangkapan teleskop robotik Itera," pungksanya. (vid)

 

 

 

 

 

Sumber: