Qudrotul Ikhwan Pimpin Rapat Satgas Penanggulangan Kebakaran.

Qudrotul Ikhwan Pimpin Rapat Satgas Penanggulangan Kebakaran.

Pejabat (PJ) Bupati Tulangbawang, Qudratul Ikhwan, memimpin langsung rapat Satuan Tugas ( Satgas ) Penanggulangan Kebakaran Lahan di Kabupaten Tulangbawang di ruang rapat utama lantai II, Jum'at (10/11/2023--Franki A

TULANGBAWANG,LAMPUNGNEWSPAPER - Pejabat (PJ) Bupati Tulangbawang, Qudratul Ikhwan, memimpin langsung rapat Satuan Tugas ( Satgas ) Penanggulangan Kebakaran Lahan di Kabupaten Tulangbawang di ruang rapat utama lantai II, Jum'at (10/11/2023).

Dalam sambutannya, PJ Bupati Tulangbawang Qudratul Ikhwan menyampaikan bahwa berdasarkan surat kerja (SK) Gubernur dan keputusan Bupati Tulangbawang untuk menindaklanjuti situasi saat ini, terkait ramalan para pakar bahwa Fenomena El Nino akan terus berjalan hingga bulan Februari 2024.

"Untuk menindaklanjuti situasi fenomena El Nino yang akan terus berlanjut, namun dalam beberapa hari yang lalu kita sudah di berikan hujan yang turun seperti yang kita harapkan di wilayah kita," ucapnya.

Qudrotul Ikhwan menambahkan, dampak fenomena El Nino saat ini mengakibatkan cuaca kemarau yang panjang sehingga berdampak kekeringan lahan yang sangat rentan terjadinya kebakaran lahan di wilayah kabupaten Tulangbawang.

"Yang harus kita waspadai dan kita pantau agar jika terjadi kebakaran lahan bisa kita antispasi agar tidak terjadi kebakaran yang lebih luas lagi," tambahnya.

Masih kata Qudrotul, dalam kesempatan ini semua harus saling bekerjasama dan berkoordinasi baik pemda, TNI/Polri dan steakholder lainya dalam mengatasi terjadinya kebakaran lahan maupun lingkungan masyarakat.

BACA JUGA:Dinas Ketahanan akan Sidak Supermarket di Bandar Lampung Sebelum Natal 2023


Dan yang lebih penting lagi yang menjadi pekerjaan rumah bersama adalah bagaimana semua bisa memberikan edukasi dan pemahaman ke masyarakat agar tidak melakukan hal yang dapat berpotensi mengakibatkan terjadi kebakaran lahan maupun lingkungan, contoh dengan cara membuang puntung rokok sembarangan, membuka lahan pertanian atau bercocok tanam dengan cara di bakar sehingga berpotensi membentuk titik api dan kebakaran lahan dan lingkungan masyarakat bisa terjadi.

"Jadi dalam kesempatan Ini mari kita bergotong-royong bersama, saling berkoordinasi, saling bahu membahu untuk pencegahan maupun penanganan jika terjadi kebakaran lahan maupun lingkungan," ungkapnya.

Kegiatan ini selain di hadiri PJ Bupati Tulangbawang, hadir juga Kajati, Kapolres, Dandim 0426/TB, Danlanud M.Bunyamin, Basarnas, Plt.Sekdakab, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Admistrator. (fay/mad).

Sumber: