Intensitas Hujan Telah Mulai, Waspadai DBD !

Intensitas Hujan Telah Mulai, Waspadai DBD !

waspada dbd mengintai--dok

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - Intensitas hujan di Kabupaten Lampung Selatan telah di mulai. Perubahan cuaca ini diwaspadai masyarakat karena berdampak pada munculnya berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

 

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang berpotensi terjadi saat musim hujan. 

 

Selain mengimbau masyarakat, Dinkes juga telah mengingatkan kepada masing-masing Puskesmas untuk tetap melakukan langkah-langkah antisipasi seperti memantau perkembangan kasus DBD diwilayah kerja masing-masing, serta mengecek persediaan logistik DBD seperti mesin fogging, larvasida dan insektisida.

 

Kepala Dinkes Lamsel, Devi Arminanto mengatakan, untuk menanggulangi sekaligus pencegahan penularan penyakit, pihaknya telah mengintruksikan masing-masing puskesmas untuk menerapkan kegiatan sebelum musim penularan (SMP). Seperti imbauan serta sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan penyakit menular, saat menghadapi cuaca hujan seperti sekarang ini.

 

"Intinya untuk mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap penyebaran wabah penyakit, serta meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal,” ujar Devi di Rumah Dinas Bupati Lamsel, Jum’at (3/11/2023).

 

 BACA JUGA:Sembilan Parpol Tawarkan 50 Caleg Untuk Dipilih Oleh Rakyat

 

Dia menuturkan, untuk memberantas penyakit menular tersebut, dinkes tidak semena-mena harus ataupun wajib melakukan fogging (pengasapan’red) disuatu lingkungan tempat tinggal tanpa adanya warga yang terkena DBD. Menurutnya, proses fogging hanya dapat dilakukan oleh petugas jika dilingkungan tersebut sudah ada warga terserang DBD.

 

"Ya kalau tidak ada yang terserang kami tidak bisa mengikuti permintaan warga untuk fogging. Sebab, fogging bukan untuk pencegahan, tapi untuk membunuh nyamuk dewasanya saja. Hal itu tentunya harus tergantung dari hasil PE petugas yang melakukan pemeriksaan secara langsung di lapangan," terangnya.

 

Dia menegaskan, untuk mengantispasi munculnya penyakit DBD masyarakat diminta untuk melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Dengan cara menerapkan 3M plus seperti menguras bak mandi seminggu sekali, dispencer, kulkas, tempat minum burung dan lain sebagainya, kemudian menutup tempat penampungan air yang berpotensi menjadi tenpat perkembangbiakan nyamuk DBD, mendaur ulang kaleng-kaleng, ban, dan botol-botol bekas, menaburkan bubuk abate, serta melaksanakan jumat bersih secara rutin.

 

“Oleh karena itu masyarakat diminta untuk sama-sama menjaga kesehatan diri dan keluarga, serta peduli dengan kebersihan lingkungan tempat tinggal. Penerapan 3M itu menjadi kunci mencegah penyakit DBD,” pungkasnya. (idh)

 

 

 

Sumber: