Event Olahraga Terdampak Epidemi Virus Corona: Dari Sepak Bola Hingga Formula E

Event Olahraga Terdampak Epidemi Virus Corona: Dari Sepak Bola Hingga Formula E


Sejumlah event dari beragam cabang olahraga (cabor) terdampak epidemi virus corona yang pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, China akhir tahun lalu/Foto/Reuters

Sejumlah event dari beragam cabang olahraga (cabor) terdampak epidemi virus corona yang pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, China akhir tahun lalu. Sejauh ini serangan virus tersebut telah menewaskan lebih dari 550 orang dan menginfeksi lebih dari 28.000 di China.Beberapa event cabang olahraga di seputar Asia pun dibatalkan penyelenggaraannnya demi menghindari lebih jauh penyebaran virus mematikan tersebut. ().

Sedikitnya ada delapan cabang olahraga, yakni atletik, sepak bola, balap mobil Formula E, tenis, bulu tangkis, tinju, bola basket, dan golf, yang membatalkan lomba di sejumlah negara. Cabang sepak bola terbanyak terdampak seperti pertandingan Liga Champions Asia yang melibatkan klub China Guangzhou Evergrande, Shanghai Shenhua, dan Shanghai SIPG yang ditunda.

Berikut daftar acara olahraga internasional yang dipengaruhi virus corona seperti dilansir Reuters.

ATLETIK

* Kejuaraan Indoor Atletik Dunia, yang telah dijadwalkan digelar di Nanjing pada 13-15 Maret, ditunda hingga tahun depan. World Athletics bekerja sama dengan panitia menentukan tanggal untuk menjadi tuan rumah acara dua tahunan pada 2021.

* Asosiasi Atletik Asia membatalkan kejuaraan indoor 12-13 Februari di Hangzhou, China.

SEPAK BOLA* Pertandingan Liga Champions Asia yang melibatkan klub Cina Guangzhou Evergrande, Shanghai Shenhua dan Shanghai SIPG telah ditunda.

Klub Guangzhou dan Shanghai akan bergabung di kompetisi pada bulan April, dengan pertandingan grup mereka yang akan dimainkan pada bulan Mei.

Shanghai Shenhua dan Shanghai SIPG dijadwalkan bertanding di Perth Glory dan Sydney FC tetapi pejabat Australia berusaha menjadwal ulang pertandingan setelah pemerintah mereka memberlakukan larangan perjalanan terhadap warga negara asing yang datang dari China.

* Turnamen kualifikasi Olimpiade empat tim putri yang melibatkan China, Australia, Taiwan, dan Thailand dipindahkan dari Wuhan dan disusun ulang untuk diselenggarakan di Australia oleh AFC.

* Pemerintah Vietnam mengatakan tidak akan mengizinkan negara itu menjadi tuan rumah acara olahraga pada bulan Februari, yang berarti pertandingan kandang babak grup Piala AFC untuk Ho Chi Minh City dan Than Quang Ninh harus dialihkan ke pertandingan tandang.

Ho Chi Minh City sekarang akan menghadapi Yangon United di Myanmar pada 11 Februari sementara Than Quang Ninh bertemu Ceres Negros pada 25 Februari di Filipina.

* Asosiasi Sepak Bola China mengatakan pertandingan domestik di semua level akan ditunda.

FORMULA E* Seri balap mobil listrik Formula E menunda rencana untuk balapan di Sanya pada 21 Maret.

Langkah ini menempatkan Formula 1 dalam sorotan, dengan Shanghai akan menjadi tuan rumah Grand Prix China pada 19 April.

TENIS* Federasi Tenis Internasional memindahkan pertandingan Piala Fed Asia/Oseania Grup I yang menampilkan China, Taiwan, Indonesia, Korea Selatan, dan Uzbekistan dari Dongguan ke Nur-Sultan (sebelumnya Astana) di Kazakhstan.

Tetapi acara 4-8 Februari kemudian ditunda setelah Kazakhstan menolak untuk menjadi tuan rumah pengganti.

BULU TANGKIS* Turnamen China Masters 25 Februari hingga 1 Maret di Hainan ditunda setelah beberapa pemain mengundurkan diri. BWF mengatakan mereka berharap Kejuaraan Bulu Tangkis Asia tetap digelar di Wuhan pada 21-26 April.
TINJU* Komite Olimpiade Internasional mengumumkan Jordania ditunjuk sebagai tuan rumah kualifikasi tinju zona Asia dan Oseania setelah di Wuhan dibatalkan. Kini, event digelar di Amman dari 3 hingga 11 Maret.
BOLA BASKET* Federasi Bola Basket Internasional memindahkan kualifikasi Olimpiade Tokyo 6-9 Februari yang semula diadakan di Foshan, China ke Beograd.

Sumber: