Kemajuan Wisata Desa Dongkrak Ekonomi Daerah

Kemajuan Wisata Desa Dongkrak Ekonomi Daerah

Kepala DPMD Lamsel, Erdiansyah, SH, MM meninjau wisata Pantai Setigi Batu Desa Canggung, Kecamatan Rajabasa, Jum’at--Idho Mai Saputra

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan gencar melakukan monitoring desa wisata.

 

Sebab, pihaknya meyakini perekonomian daerah bisa maju dan berkembang dengan didukung dari kemajuan wisata desa.

 

Penegasan ini disampaikan Kepala DPMD Lamsel, Erdiansyah, SH, MM saat dikonfirmasi, Minggu (22/10/2023).

 

Erdi menyatakan, monitoring potensi desa wisata menjadi salah satu program rutin yang dilakukan DPMD Lamsel.

 

Hal itu sebagai wujud dukungan pemerintah daerah terhadap desa yang konsen menggali potensi desanya khususnya dibidang pariwisata.

 

“Jum’at kemarin saya turun ke Desa Canggung, Kecamatan Rajabasa untuk meninjau desa wisata disana. Selain ada wisata bahari disana juga ada potensi wisata religius yakni sejarah Benteng Gala Tanoh yang belum terangkat kepublik,” ungkap Erdi via telepon.

 

Dia menambahkan, aparatur desa memiliki peranan yang sangat penting dalam memajukan desa nya.

 

BACA JUGA:Pintu Bendungan Gerak Jabung Dibuka, Selamatkan Lumbung Pangan 

 

Yakni, dengan cara menggali potensi yang ada agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat desanya.

 

“Sebagaimana yang digalakkan oleh Pak Bupati kita, setiap desa harus punya upaya menggali potensi desa nya. Seperti di Canggung kemarin kami lihat cukup baik mereka terus membangun potensi desa wisata yakni Pantai Setigi Batu,” imbuhnya.

 

Dia meyakini, Pantai Setigi Batu Desa Canggung dianggap bisa menjadi salah satu alternatif pilihan wisata bahari di kabupaten ini. Sebab, lokasi dan aksesnya sangat terjangkau dan dekat dengan jantung Kota Kalianda.

 

“Pantai setigi batu ini dekat ya akses kendaraan mobil pun bisa masuk. Kyrang lebih perjalanan dari jantung kota kabupaten Lampung Selatan Kalianda bisa di tempuh sejauh tujuh kilo meter perjalanan. Jadi ini bisa menambah pilihan wisata pantai di daerah kita,” lanjutnya.

 

Dia berpesan, berbagai sarana dan prasarana harus terus diperbaiki demi kelangsungan wisata desa tersebut. Seperti segi pelayanan kebersihan, keamanan, kenyamanan sebagai pelengkap hingga berkesannya destinasi wisata tersebut.

 

“Alhamdulilah ya artinya ini satu lagi destinasi wisata desa yang ada di Lampung Selatan, sebelumnya sudah ada 20 destinasi desa wisata. Kami apresiasi Bapak kades cepat bergerak walaupun baru hitungan minggu menjabat sudah langsung berbenah. Nah, ini yang saya harapkan untuk teman-teman desa yang lain juga,” pungkasnya. (idh)

Sumber: