Kebakaran di TPA Bakung Makin Luas

Kebakaran di TPA Bakung Makin Luas

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan--Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER - Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Bakung yang berada di Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung terus meluas. Diperkirakan sudah mencapai 4 hektare lebih area TPA Sampah Bakung terbakar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan mengatakan, api sebelumnya sudah berhasil dipadamkan pada Sabtu (14/10/2023) sekitar pukul 21.00 WIB. Namun pada Minggu (15/10/2023) pukul 05.00 WIB api muncul kembali.

“Tapi di titik yang berbeda dari kebakaran sebelumnya,” kata Anthoni Irawan saat diwawancarai, Minggu (15/10).

Menurutnya, luas lahan sampah yang terbakar di TPA Sampah Bakung sudah mencapai 4 hektare lebih dari hari pertama hingga saat ini.

Anthoni mengaku, personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung kesulitan memadamkan api karena akses menuju titik api kebakaran sulit dijangkau. Sehingga perlu tiga alat berat ekskavator untuk membantu membuka akses jalan.

BACA JUGA:Pemkot Metro Mulai Perbaiki Trotoar Rusak, Wali Kota Wahdi : Tahun Ini Selesai

"Puluhan personel disiagakan untuk memadamkan api. Lamanya pemadaman karena akses menuju titik api sulit dijangkau," ujarnya.

Anthoni menjelaskan, penyebab kebakaran TPA Sampah Bakung yakni puntung rokok yang dibuang sembarangan. Bahkan terjadi ledakan yang diduga bersumber dari gas metan TPA Sampah Bakung.

"Kita mengimbau kepada para pemulung atau warga yang beraktivitas di TPA Bakung untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Tentunya situasi kekeringan seperti ini sangat gambang terjadi kebakaran," pungkasnya. (dka)

Sumber: