KPU Butuh 4158 KPPS untuk 462 TPS se-Kota Metro

KPU Butuh 4158 KPPS untuk 462 TPS se-Kota Metro

Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama--M.Ricardo

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro tengah mempersiapkan perekrutan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bakal ditugaskan, saat prosesi pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu 2024 nanti.

Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama mengatakan, pihaknya mulai melakukan persiapan-persiapan untuk pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, salah satu persiapannya dengan merekrut calon anggota KPPS yang bakal ditempatkan di setiap TPS.

“Insya Allah segera, di Desember nanti bakal dilakukan tahapan perekrutan KPPS se-Kota Metro,” kata Nurris saat dikonfirmasi, Selasa,10/10/2023.

Dijelaskannya, nantinya di setiap TPS bakal ditugaskan sebanyak sembilan petugas, terdiri dari tujuh anggota KPPS dan dua lainnya dari anggota Linmas, sebagai petugas pengamanan dan ketertiban TPS.

BACA JUGA:Kawanan Pencuri Beraksi, Gasak Uang Rp600 Juta Milik Warga Kota Metro

“Jadi jumlah total KPPS yang dibutuhkan sebanyak 4.158 orang untuk 462 TPS se-Kota Metro. Maka, bagi masyarakat yang ingin menjadi KPPS, syaratnya harus tidak berafiliasi dengan partai politik, baik sebagai pengurus maupun tim sukses,” jelasnya.

“Selain itu, calon anggota KPPS juga harus memiliki riwayat kesehatan yang baik, yakni kesehatan jasmani dan rohani. Hal itu dibuktikan dengan surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter berstatus pegawai negeri sipil, atau dari rumah sakit,” tukasnya.

Rekam medis sebagai syarat pendaftaran KPPS, menjadi perhatian serius KPU guna memastikan anggota KPPS tidak memiliki masalah kesehatan fisik dan rohani, sehingga nantinya tidak menjadi kendala atau hambatan saat menjalankan tugas dan fungsinya.

Dari keterangan Ketua KPU Kota Metro, diketahui, terhitung sejak hari ini, Selasa (10/10), waktu pelaksanaan Pemilu tersisa 126 hari. Pemungutan dan penghitungan suara bakal dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.  (Mrc)

Sumber: