BBHAR Dampingi Warga Yang Membutuhkan Bantuan Kesehatan

BBHAR Dampingi Warga Yang Membutuhkan Bantuan Kesehatan

Kepala BBHAR DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan, Merik Havit, S.H.,M.H. bersama tim saat mendampingi salah satu warga yang menjalani operasi mata di rumah sakit Bob Bazar Kalianda--Ist

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER-Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan semakin gencar mendampingi warga yang membutuhkan bantuan kesehatan. Terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

Program advokasi rakyat memang ditujukan khusus bagi masyarakat yang mengalami masalah kesehatan. Salah satunya dalam melakukan operasi mata akibat katarak. BBHAR tak cuma mendampingi ketika operasi saja. Tetapi juga dalam pemeriksaan berkala dan operasi lanjutan.

Pada Jumat, 6 Oktober 2023, tim yang dipimpin oleh Kepala BBHAR DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan, Merik Havit, S.H.,M.H. mendampingi 12 warga dari Kecamatan Rajabasa, dan Kecamatan Kalianda, saat menjalani pengobatan di rumah sakit Bob Bazar Kalianda.

BACA JUGA:5 Orang Terkaya di Asean Per Oktober 2023, Tiga Teratas Orang Indonesia

"Datanya 5 warga Desa Way Muli Induk, 1 warga Desa Sukaraja. Lalu 6 warga Kecamatan Kalianda,  3 warga Desa Canggu, 1 warga Desa Palembapang, dan 2 warga dari Kelurahan Way Lubuk," kata Merik.

Pendampingan advokasi rakyat, kata Merik, mulai dari membuat BPJS kesehatan, kemudian dilanjutkan dengan proses penjemputan dari desa untuk membuat surat rujukan dari puskesmas, setelah itu barulah warga yang bersangkutan diantar ke rumah sakit Bob Bazar Kalianda.

"Mereka diantar ke poli mata sampai warga yang didampingi mendapatkan pelayanan dari tenaga kesehatan rumah sakit," katanya.

Merik menegaskan bahwa kegiatan pendampingan hak-hak rakyat tertuang tegas di dalam ad/art partai. Bahkan hal itu merupakan instruksi langsung dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, dan juga Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan, Nanang Ermanto, dan juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung Sudin, SE.

"Perintah turun ke bawah untuk membantu sekaligus mencarikan solusi di setiap permasalahan rakyat," kata Merik.

Pendampingan terhadap 12 warga tersebut langsung mendapatkan tindakan medis. Beberapa di antaranya telah menjalani operasi mata katarak, kemudian mendapatkan kacamata gratis, dan menerima jadwal operasi mata pada bulan November 2023 mendatang. (rnd)

 

Sumber: