Kayu Sisa Masak, Hanguskan Dapur Rumah Warga

Kayu Sisa Masak, Hanguskan Dapur Rumah Warga

--

TANGGAMUS, LAMPUNGNEWSPAPER - Kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Kali ini musibah kebakaran melanda satu rumah di Pekon Sudimoro, Kecamatan Semaka. Rumah yang terbakar adalah milik Muhar (45) warga RT 06 Pekon Sudimoro Kecamatan Semaka, Senin 2 Oktober 2023 sekitar pukul 11.00 WIB.

 

BACA JUGA:Keisya Ramadani Harumkan Nama SDN 1 Purwodadi Dalam Ajang Kid’s Athletics Formula

 

Kapolsek Semaka Polres Tanggamus, Iptu Lusiyanto mengatakan, peristiwa kebakaran bermula pada pukul 10.00 WIB, korban merebus air menggunakan tungku masak dari batu bata dengan menggunakan kayu bakar. Setelah selesai memasak air, pemilik rumah mematikan api dengan menyiram kayu bakar tersebut dengan air.

 

Kemudian kayu bakar sisa posisinya terlalu mepet dengan dinding dapur. Setelah itu,pemilik rumah istirahat tidur, namun sekitar pukul 11.00 WIB, terbangun karena mendengar ada suara benda terbakar. Muhar kemudian bergegas ke belakang dapur, alangkah terkejutnya dia, melihat api udah membesar membakar bagian dapur.

 

“Korban Ia berusaha memadamkan api dengan menyiram air sambil berteriak meminta pertolongan. Tetangga yang mendengar kejadian itu segera datang untuk membantu memadamkan api,”kata Lusiyanto. Dilanjutkan kapolsek, tidak lama setelah terjadi kebakaran armada pemadam kebakaran (Damkar) tiba di lokasi dan berhasil memadamkan api setelah 30 menit berjibaku.

 

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya menghanguskan dapur rumah sehingga korban mengalami kerugian yang ditaksir kurang lebih Rp5 juta,”ucap Lusiyanto. Diungkapkan Lusiyanto bahwa berdasarkan penyelidikan, kebakaran tersebut terjadi akibat kelalaian pemilik rumah yang tidak memastikan dengan benar bahwa api dari kayu bakar yang digunakan sudah benar-benar padam.

 

“Kayu bakar sisa diletakan berdekatan dengan dinding dapur yang terbuat dari kayu dan kayu bakar tersebut belum padam sepenuhnya sehingga menyebabkan munculnya api yang kemudian membakar sebagian atap dan dinding dapur,”terang kapolsek Untuk mencegah peristiwa kebakaran serupa, kapolsek mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan kondisi setelah memasak, khususnya bagi yang masih menggunakan kayu bakar.

 

Sumber: