Mengenal Buah Durian Mitos dan Fakta

 Mengenal Buah  Durian Mitos dan Fakta

fakta tentang durian--dok

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER-Musim Durian telah tiba, penjual durian mulai marak di Kota Bandar Lampung, hargapun bervariasi tergantung ukuran dari harga 20 ribu hinggga 100 ribu.

 

Durian terkenal dengan rasanya yang manis dan baunya yang kuat. Tak sedikit orang yang tidak menyukai durian karena baunya ini.

 

 Kendati demikian, buah ini banyak digemari masyarakat Indonesia, Sebenarnya bukan hanya di Indonesia saja, banyak orang Asia Tenggara yang menyukai buah durian.

 

Ini karena buah durian memang tumbuh subur di iklim tropis yang lembap seperti Asia Tenggara.

 

Selain dikenal dengan bau khasnya, buah ini juga memiliki berbagai mitos seperti dugaan kolesterol tinggi atau berpotensi fatal jika dimakan dengan alkohol dan sifatnya sangat “panas”. Mitos-mitos yang beredar ini tidak sepenuhnya benar, lho!

 

Supaya tidak termakan mitos, yuk ketahui fakta dan mitos durian ini!

 

Fakta Kesehatan Buah Durian

 

Durian sering dituduh sebagai biang keladi beragam masalah kesehatan. Alhasil, buah ini kerap dilabeli sebagai buah yang tidak sehat. Padahal, semua jenis buah pasti memiliki manfaat kesehatan. Nah, berikut sejumlah fakta kesehatan dari buah durian yang dilansir dari Very Well Fit:

 

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

 

Ternyata, durian adalah salah satu buah dengan kandungan kalium yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Kalium terkenal karena kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah yang menjadi penyebab utama penyakit kardiovaskular. Durian juga tinggi serat dan lemak tak jenuh, dua nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Studi pada tikus yang diberi makan durian telah menunjukan bahwa buah ini mampu mengurangi kadar kolesterol total, LDL, dan trigliserida.

 

2. Baik untuk Kehamilan

 

Durian juga sering dijadikan pantangan untuk ibu hamil karena dianggap bisa menyebabkan keguguran. Padahal, anggapan tersebut adalah mitos belaka. Studi menunjukan bahwa durian mengandung vitamin B esensial dan folat. Perlu diketahui bahwa folat sangat diperlukan untuk perkembangan tabung saraf janin di masa awal kehamilan.

 

3. Mencegah Nyeri Sendi

 

Durian sarat akan vitamin C. Secangkir durian segar mengandung 48 gram vitamin C. Nah, salah satu gejala kekurangan vitamin C adalah nyeri sendi. Mendapatkan vitamin C melalui makanan adalah cara yang aman untuk membantu mencegah nyeri sendi.

Sumber: