Plh Bupati Minta Penyaluran Bantuan Beras Diawasi Ketat

Plh Bupati Minta Penyaluran Bantuan Beras Diawasi Ketat

Plh Bupati Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis mengecek beras bantuan pangan nasional yang tersimpan di Gudang Bulog, Kecamatan Pugung--Andre

TANGGAMUS,LAMPUNGNEWSPAPER-Pelaksana harian (Plh) Bupati Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis Drs. Hamid Heriansyah Lubis melaunching penyaluran bantuan pangan nasional berupa beras yang berlangsung di Gudang Bulog Kecamatan Pugung, Selasa (
26 September 2023.

Plh Bupati Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, mengatakan,kebijakan bantuan sosial dalam bentuk beras ini sebagai tindaklanjut dari arahan presiden Joko Widodo kepada Badan Pangan Nasional.

"Bantuan pangan beras ini dengan rincian 10 Kg per KPM perbulan dan diberikan untuk Bulan September sampai Desember Tahun 2023. Dengan bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat kecil dalam menghadapi kebutuhan pangan terutama beras yang akhir-akhir ini harganya semakin melonjak tinggi,"kata Lubis sapaan akrabnya.

BACA JUGA:Cegah Penyalahgunaan Narkoba,Kesbangpol Libatkan Tokoh Lintas Agama

Dikatakan Lubis bahwa Badan Pangan Nasional menugaskan Perum Bulog untuk melaksanakan penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dan program ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Lubis juga berharap dinas terkait bekerja sama dengan camat dan kepala pekon untuk fokus dalam penyaluran bantuan beras penerima manfaat serta ikut mengawasi memfasilitasi supaya bantuan tersampaikan kepada masyarakat,

"Untuk menjaga kondusifitas beras itu kita mengambil informasi perlu pengawasan masyarakat didasari fakta yang benar sehingga masyarakat menerima sesuai dengan hak serta sesuai dengan data yang ada,"kata dia.

Sementara Kadis Ketahanan, Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura, Catur Agus Dewanto, mengatakan bahwa penyaluran pertama tahap kedua bantuan beras ini dilakukan di 20 kecamatan dan tiga kelurahan yang ada di Kabupaten Tanggamus.

"Untuk kecamatan-kecamatan lain akan segera disalurkan 26 September sampai 30 September di kecamatan masing masing kecuali tanggal 28 September 2023 ditiadakan karena libur Maulid Nabi. Dan titik bagi sebanyak 302 titik dapat dilakukan di balai pekon/balai kelurahan atau tempat yang ditentukan oleh pihak pekon/kelurahan,"kata Catur.(dre/ral)

Sumber: