Jalan Kenanga I Akan Disulap Menjadi Sentra Gudeg

Jalan Kenanga I Akan Disulap Menjadi Sentra Gudeg

Warung Nasi Gudeg Jogja Pakde Joko di jalan Kenanga kelurahan Pringsewu Utara--Mulyono

PRINGSEWU,LAMPUNGNEWSPAPER - Jalan Kenanga I di Kelurahan Pringsewu Utara, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung  berpotensi menjadi sentra gudeg di Kabupaten Pringsewu.

Pasalnya, beberapa penjual nasi gudeg terkonsentrasi di kawasan ini, meskipun ada juga di beberapa lokasi lainnya di Pringsewu.

Beberapa warung nasi gudeg di Jalan Kenanga I Pringsewu Utara, diantaranya Gudeg Pakde Joko, Gudeng Bu Ceceh, Gudeg Mbak Ani dan lainnya.

BACA JUGA: Polres Pringsewu Hibahkan 134 Buku Ke Pondok Pesantren

Bu Ratmi, salah satu penjual nasi gudeg di Jalan Kenanga I Pringsewu Utara mengatakan warung gudeg Pakde Joko yang ia kelola sudah ada puluhan tahun silam. 

"Penggemar nasi gudeg ini sangat banyak di  Pringsewu. Sehingga rumah makan atau warung makan yang menyajikan menu nasi gudeg ramai  dikunjungi para pembeli. Kalau dulu yang berjualan nasi gudeg di Pringsewu ini cuma satu tempat, kalau sekarang sudah banyak," katanya.

Untuk harga menu nasi gudeg yang ia jual juga sangat terjangkau. Untuk 1 porsi  nasi gudeg  dengan ayam ia jual Rp 18.000 untuk paha dan dada dan Rp 15.000 untuk kepala dan ati, kemudian Rp 12.000 untuk sayap dan Rp 10.000 dengan telur. Kemudian nasi sayur Rp 7.000 dan jika dengan tempe atau tahu baceum ditambah Rp 2.000/item.

Salah satu keluhan  Bu Ratmi saat ini adalah bahan-bahan untuk keperluan membuat sayur gudeg yang agak langka ataupun mengalami lonjakan harga.

BACA JUGA:Polsek Kota Pringsewu Ungkap Pelaku Pencurian Kabel Milik PLN

Ia berharap harga bahan-bahan pokok tetap stabil, diantaranya saat ini adalah melonjaknya harga beras, sehingga dirinya tidak kesulitan  dan bisa tetap membuat dan berjualan nasi gudeg, yang saat ini menjadi salah satu kuliner yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Untuk diketahui, gudeg merupakan kuliner khas Jawa, khususnya dari Yogyakarta, yang terbuat dari nangka muda atau  gori yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa dengan waktu yang cukup lama. Gudeg ini sangat lezat dimakan bersama nasi hangat, disajikan dengan areh atau santan yang sangat kental, serta sambal goreng krecek ditambah telur, tahu atau tempe baceum juga daging ayam kampung.  (Mul/Zep)

Sumber: