Inisiatif Lampung Sehat Optimalkan SPM untuk Eliminasi TBC

Inisiatif Lampung Sehat Optimalkan SPM untuk Eliminasi TBC

Inisiatif Lampung Sehat mengadakan Pertemuan Tindak Lanjut Komunitas dan Pemangku Kepentingan Jejaring District Public Private Mix (DPPM) di Yunna Hotel, belum lama ini.--ist

LAMSEL,LAMPUNGNEWSPAPER – Inisiatif Lampung Sehat (ILS) terus mengoptimalkan Standar Pelayanan Minimum (SPM) penyakit Tuberkulosis (TBC) di Provinsi Lampung.

 

 

 

Organisasi yang konsen di bidang penanganan TBC tersebut berkomitmen untuk menekan laju penyebaran TBC yang angka kematian penderitanya patut menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

 

 

 

Kepala SSR Inisiatif Lampung Sehat Kabupaten Lampung Selatan, Muhtadli, S.H., M.H. menyampaikan bahwa upaya ini dilakukan untuk memonitoring dan mengevaluasi analisa situasi TB serta perkembangan jejaring DPPM, dan kaitannya dengan pemenuhan SPM kesehatan terkait indikator TBC.

 

 BACA JUGA:Peduli Literasi, Polsek Palas Salurkan 100 Buku

 

"Hal ini sesuai dengan strategi PR PB-STPI dalam  upaya meningkatkan peran OMS dan  komunitas terdampak TBC dalam mempengaruhi Pemerintah Daerah mengeliminasi TBC melalui pendekatan multi-sektor, salah satunya adalah mendorong keterlibatan peran legislatif dan eksekutif di daerah" ungkapnya.

 

 

 

Sementara Program Officier ILS Rudi Hartono yang didapuk sebagai fasilitator dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa keterlibatan peran legislatif dan eksekutif di daerah penting untuk mendorong munculnya  kebijakan-kebijakan dan dukungan pemangku kebijakan dalam eliminasi TB di daerah.

 

 

 

"Tujuannya  agar  SPM di daerah diterapkan dan salah satu indikator SPM yang harus  diterapkan adalah dalam isu TBC. Indikator SPM untuk TBC dapat dicapai salah satunya melalui keterlibatan layanan swasta dalam penemuan kasus, dan tercatat dalam sistem informasi TB". Jelas Rudi.

 

 

 

 BACA JUGA:Plt. Kepala DKP Lampung Selatan Dijabat Youtuber Berfollower 22.2K

 

Diketahui, Inisiatif Lampung Sehat sebagai mitra dalam penanganan tuberkulosis di Kabupaten Lampung Selatan menyelenggarakan Pertemuan Tindak Lanjut Komunitas dan Pemangku Kepentingan Jejaring District Public Private Mix (DPPM) untuk Optimalisasi Pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM) terkait layanan TBC Di Kabupaten Lampung Selatan. 

 

 

Sumber: