8 Pekon di Kecamatan Pematangsawa Kini Nikmati Jaringan Listrik PLN

8 Pekon di Kecamatan Pematangsawa Kini Nikmati Jaringan Listrik PLN

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani melaunching Listrik Desa (Lides) di Pekon Way Asahan Kecamatan Pematangsawa. --Ist Kominfo

TANGGAMUS,LAMPUNGNEWSPAPER-Ribuan masyarakat di delapan pekon wilayah selatan Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus Lampung tersenyum lega. Pasalnya kini wilayah mereka terang benderang setelah pasokan listrik melalui program listrik pedesaan (Lisdes) menerangi wilayah tersebut.

Delapan pekon wilayah selatan Kecamatan Pematangsawa, tersebut yakni Pekon Teluk Brak, Karang Brak, Tirom,Way Asahan,Kaurgading,Martanda,Tampang Muda dan Tampang Tua.

Terbaru peresmian Launching program listrik pedesaan yang digulirkan oleh PLN Lampung bekerjasama dengan Pemkab Tanggamus tersebut berlangsung di Pekon Way Asahan, Sabtu 17 September 2023.

BACA JUGA:Diduga Dalam Pengaruh Miras, Peratin Sukabumi Tabrak Median Jalan Liwa

Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani
Didampingi Wabup Hi. AM. Syafii, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan; Manager PT. PLN (Persero) UP3 Metro.

Ketua TP PKK, Ketua DWP, Kepala OPD, Sekretaris Dinas terkait dan Camat Pematang Sawa Syafruddin

Bupati mengatakan bahwa jumlah masyarakat yang mengajukan permohonan pemasangan listrik di Pekon Way Asahan berdasarkan.
Data dari PT PLN berjumlah 657 pelanggan, dari jumlah tersebut pasokan listrik desa telah dirasakan manfaatnya oleh 266 pelanggan.

"Secara umum 8 pekon diwilayah selatan Kecamatan Pematang Sawa sudah teraliri listrik, untuk jumlah pelanggan pelanggan di wilayah ini berjumlah 1.372 dari total 2.425 kepala keluarga,"kata bupati.

Bupati berharap, dengan telah tersedianya jaringan listrik diwilayah tersebut, ia mengajak masyarakat untuk menjadi pelanggan PLN sehingga program listrik pedesaan dapat terus berkesinambungan.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mendukung, kelancaran program listrik desa, dan terkait dengan izin tanam tumbuh.

BACA JUGA:Polisi Tangkap 3 Pelaku Perusak Aset SMK Negeri 3 Kota Metro


Dalam pelaksanaan pemasangan tiang tiang listrik, sesuai dengan sosialisasi beberapa waktu lalu di kecamatan, lanjut Bupati.


Tidak ada anggaran untuk ganti rugi, karena manfaat listrik merupakan kebutuhan vital yang harus dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

"Bunda menyampaikan apresiasi kepada pihak PLN dan juga masyarakat yang telah mengikhlaskan sebagian lahannya untuk pemasangan tiang listrik,"ujarnya

Bupati yang sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatannya ini juga bangga melihat  antusias masyarakat.

Di wilayah Pekon Way Asahan yang belum teraliri listrik, berjibaku dan bergotong royong membuka jalan dan memperbaiki jembatan.
Untuk kepentingan pemasangan listrik di wilayah setempat, masyarakat setempat juga lanjutnya membantu petugas PLN membawa peralatan.

"Bunda sangat terharu dan memberikan apresiasi atas kerjasama dan gotong royong dari masyarakat Way Asahan, membantu petugas PLN agar wilayahnya dapat terang benderang,"terangnya.

Ia juga mengatakan atas nama Pemkab Tanggamus, dirinya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PT PLN.
Karena telah menjawab usulan serta proposal yang diajukan masyarakat melalui program listrik pedesaan.

Sehingga penyalaan perdana listrik di Pekon Way Asahan dapat terlaksana dengan baik, yang sebelumnya belum tersentuh jaringan listrik.

Wilayah yang belum teraliri listrik diakui Bupati memiliki kendala yang sulit, untuk mengangkut material.
Lantaran berada di wilayah pelosok, melewati hutan lindung, namun ia berharap berbagai kendala tersebut dapat diatasi.

BACA JUGA:Sepeda Motor Ketua Panwascam Sragi Lamsel Dicuri

Sehingga seluruh wilayah di Tanggamus semuanya dapat teraliri listrik sesuai dengan visi presiden mewujudkan Indonesia Terang

"Pemkab Tanggamus terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi agar masyarakat Tanggamus 100 persen dapat menikmati listrik,  saat ini rasio elektrifikasi mencapai 99 persen dan tinggal satu pekon lagi yakni Pekon Atar Lebar Kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS) yang belum teraliri listrik,"ungkap bupati.

"Selain listrik dari PT PLN, beberapa wilayah terpencil di Tanggamus seperti Kecamatan Cukuh Balak, Kelumbayan dan Pematang Sawah memanfaatkan energi PLTS,"pungkas bupati.(iqb)

Sumber: