Pemkab Pringsewu Lestarikan Budaya Melalui Bugekhok

Pemkab Pringsewu Lestarikan Budaya Melalui Bugekhok

--

PRINGSEWU, LAMPUNGNEWSPAPER - Sebagai upaya melestarikan budaya daerah, Pemerintah Kabupaten Pringsewu menggelar Pringsewu Bugekhok Festival 2023.

 

BACA JUGA:Wakil Ketua TP PKK Lampura Hj. Devriyana Hadiri Pengajian Rutin di Masjid Nurul Iman Abung Barat

 

Acara yang menampilkan ragam seni budaya yang ada di Bumi Jejama Secancanan ini dibuka oleh Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah di halaman pendopo kabupaten setempat, Selasa (12/09) malam.

 

Turut hadir pada acara tersebut, Direktur Pusat Teknologi dan Layanan Kependidikan (PTLK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Dr.Restu Gunawan, M.Hum., Wakil Ketua I DPRD Pringsewu Maulana M.Lahudin beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda, dimana sebelum memasuki komplek pendopo diarak dengan iringan rebana khas Lampung dari Tugu Bambu Pringsewu menuju lokasi acara di halaman pendopo kabupaten.

 

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah dalam sambutannya mengatakan Pringsewu Bugekhok Festival 2023 adalah salah satu bentuk pelaksanaan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) dalam rangka melestarikan dan mengenalkan warisan berharga nilainilai luhur budaya nenek moyang, serta bentuk pelaksanaan program pemerintah dibawah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek dalam bentuk platform gotongroyong kebudayaan, yakni platform Indonesiana.

 

“Saya berharap kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan dan dapat dimanfaatkan sebagai sarana penyampaian pesan atau komunikasi budaya kepada masyarakat yang menyaksikan, bahwa budaya Lampung khususnya dan budaya Indonesia umumnya sangatlah indah dan kaya akan nilai-nilai luhur,” harapnya.

 

Penjabat Bupati juga menyebut pertunjukan sendratari Way Bulok yang mengandungi pengajaran akan kecintaan terhadap tanah air dan semangat untuk terus melindungi tempat kelahiran dan mencari penghidupan.

 

Sumber: