Festival Karate Haornas Cup 2023 Bakal Digelar

Festival Karate Haornas Cup 2023 Bakal Digelar

Kepala Dispora Lamsel, Ariswandi, SH, MH --Idho Mai Saputra

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lampung Selatan bakal menggelar Open Turnamen dan Festival Karate Haornas Cup 2023. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ini rencananya akan berlangsung pada 30 September 2023, mendatang.

 

 

 

Kepala Dispora Lamsel, Ariswandi, SH, MH menegaskan, turnamen karate Haornas Cup 2023 ini akan digelar untuk umum. Yang pesertanya merupakan dari para murid seluruh perguruan karate (dojo’red) yang ada di Bumi Khagom Mufakat ini.

 

         

 

“Karena kita ingin mencari bibit unggul karate yang ada di daerah. Maka kita gelar kejuaraan ini khusus lingkupnya se kabupaten saja,” ungkap Ariswandi kepada Radar Lamsel, Minggu (10/9/2023).

 

        BACA JUGA:KONI Lampung Ajak Pemkot Metro Kembangkan Potensi Atlet 

 

 

Dia menjelaskan, dalam kegiatan turnamen dan festival ini akan mempertandingkan 24 kelas kategori turnamen dan 11 kelas kategori festival. Yang akan dibagi dalam kelompok umur atau usia baik kumite maupun kata’.

 

         

 

“Karena sifatnya pembinaan maka kita gelar sebagai ajang evaluasi. Apalagi memang banyak perguruan karate di Lamsel. Jadi, anak-anak yang selama ini terus berlatih dengan rutin tanpa ada nya pertandingan atau even nggak bisa melihat hasil nya. Dengan adanya kegiatan ini mereka akan terus giat berlatih,” jelasnya.

 

         

 

Menurutnya, cabor karate ini merupakan salah satu unggulan Lamsel. Karena, pada PON yang lalu di Papua kita meraih medali dari cabor karaten.

 

 

 

“Kita ingin kedepan ada generasi penerus yang lebih baik lagi. Kita punya karateka Selly dari Lamsel yang pulang bawa medali PON Papua. Kemudian beberapa minggu yang lalu atlet karate kita juga Sin Ahmad Qodri lolos pra PON di Kalsel,” tegasnya.

 

 

 

Masih kata Ariswandi, selain turnamen karate juga akan digelar berbagai perlombaan tradisional dalam peringatan haornas 2023 di Kabupaten Lampung Selatan. Diantaranya adalah lomba terompak dan bakiak yang akan diikuti oleh masyarakat Jatiagung.

Sumber: