TPS Liar Merajalela, DLH Lampung Utara Kepayahan

TPS Liar Merajalela, DLH Lampung Utara Kepayahan

Puluhan armada pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) kembali mengangkut tumpukan sampah di TPS liar yang ada di jembatan Way MelanPuluhan armada pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Ut--Franxi Saputra

LAMPUNGUTARA,LAMPUNGNEWSPAPER-Puluhan armada pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) kembali mengangkut tumpukan sampah di TPS liar yang ada di jembatan Way Melan Kelurahan Kota Alam Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten setempat, Selasa, (05/09/2023).

 

 

 

Menurut Kepala DLH Lampura, Wahab didampingi Sekretaris, Kausyar pengangkutan sampah tersebut merupakan upaya dari Pemkab Lampura untuk meminimalisir dampak dari limbah rumah tangga, serta mencegah terjadinya kebakaran di musim kemarau yang mungkin saja dapat menjalar pada lahan milik warga

 

 

 

“Sepuluh mobil armada sampah kita kerahkan hari ini untuk mengangkut sampah yang sudah menumpuk disini. Jika dibiarkan terus menerus, kita khawatirkan semakin merusak lingkungan, apalagi ini dipinggir aliran sungai,” ungkap  Wahab

 

 

BACA JUGA:Terkait Video Pungli di Jalinsum Bukit Kemuning, Ini Kata Kapolres Lampung Utara

 

 

Wahab mengkhawatirkan musim kemarau disertai angin kencang sangat rentan dengan kebakaran lahan.   “Ditakutkan ada oknum yang membakar sampah, api bakaran tertiup angin bisa saja membakar lahan pertanian milik warga sekitar, bahkan yang paling ditakutkan, api menjalar ke permukiman warga,” imbuhnya.

 

 

 

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Agus Jayastika menyayangkan ulah oknum masyarakat yang tidak sadar dan tidak peduli dengan lingkungan dengan masih saja membuang sampah sembarangan. Terlebih, tempat mereka membuang sampahnya bukan pada tempat yang telah ditetapkan Pemkab Lampura.

 

 

 

“Mereka para oknum itu masih saja belum sadar akan prilaku jeleknya. Sudah berulang kali kita himbau, buanglah sampah di TPS yang sudah disediakan, mau sebanyak apapun sampah yang mereka buang, yakin saja, pasti akan kita angkut dan bersihkan,” tegasnya.

 

 

 

Dirinya juga telah berkomunikasi intens dengan pimpinannya, yang dalam waktu dekat akan segera menyurati pihak Kecamatan dan Kelurahan setempat untuk berkoordinasi dalam upaya menghimbau warganya agar tidak lagi membuang sampah di bantaran sungai (Way) Melan.

 

 BACA JUGA:Disdag Bandar Lampung Minta Pedagang Pasar Pasir Gintung Segera Pindah ke Pasar SMEP

Sumber: