Disdukcapil Pesawaran Giatkan PakTuah

Disdukcapil Pesawaran Giatkan PakTuah

Giatkan PakTuah--

PESAWARAN,LAMPUNGNEWSPAPER- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pesawaran terus mengimbau kepada masyarakat agar melengkapi administrasi kependudukannya.

"Upaya itu sudah kita lakukan dengan melaksanakan Pelayanan administrasi kependudukan turun ke bawah (PakTuah),"ungkap Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pesawaran Rohana Sri Hartati, melalui kasubid administrator data base kependudukan Aniswani,Selasa, 5 September 2023.

 
Dikatakan, Pak Tuah merupakan pengganti dari program jebol (jemput bola) sebelumnya. Kendati demikian, masih ada warga yang sama sekali belum pernah melakukan perekaman kependudukannya.

 

BACA JUGA:B2SA Salah Satu Upaya Pemkab Pesawaran Turunkan AngkaStunting

"Seperti halnya ibu Anyani warga kota jawa Waykhilau, dia sakit (lumpuh) sejak 2004, kendati kami turun ke desa, yang bersangkutan belum pernah merekam data kependudukannya.Sehingga, tadi ada pihak keluarganya yang mengantarkan ibu Anyani guna melakukan perekaman, kemungkinan data kependudukannya agar bisa dipakai untuk pelayanan kesehatan,"ucapnya

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat segera melengkapi dan merekam data kependudukannya. "Jangan tunggu saat akan digunakan (mendadak) saja, jauh jauh hari harus sudah dilakukan, atau hubungi Disdukcapil, kami akan turun ke bawah guna melaksanakan pelayanan kependudukan," Kata dia.

"Seperti kasus Bu Anyani ini, yang bersangkutan tidak pernah melakukan perekaman, sehingga data kependudukan tidak ada, lalu kami memasukkan data baru, dan membuatkan KK terlebih dahulu, kemudian baru melaksanakan perekaman KTP," pungkasnya (Ozi

Sumber: