Lamsel Punya 17 Desa Tangguh Bencana

Lamsel Punya 17 Desa Tangguh Bencana

desa tangguh bencana--

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - Perlahan tapi pasti. Itulah yang sedang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan dalam mengupayakan desa tangguh bencana (destana) di beberapa kecamatan.

 

 

 

Sampai saat ini program itu masih berlangsung. Beberapa waktu lalu giliran Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, yang dibentuk sebagai destana.

 

 

 

Dipilihnya Desa Kelawi karena wilayah itu masuk di dalam kategori penilaian oleh BPBD. "Alhamdulillah, destana sudah dibentuk di 17 desa," ujar Kalak BPBD Kabupaten Lampung Selatan, Heri Bastian, S.Sos kepada Radar Lamsel, Kamis, 31 Agustus 2023.

 

 

BACA JUGA:Nanang Tegaskan Berolahraga di Stadion Gratis!

 

 

Destana merupakan program buat desa supaya memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi bencana bencana. Untuk bisa menjadi destana, setiap desa harus berfungsi dalam penanganan dengan cepat dari pelbagai macam serangan bencana.

 

 

 

Heri mengatakan desa yang bisa disebut ketangguhan bencana ketika desa tersebut memiliki kemampuan di wilayahnya. Mampu mengorganisasikan dirinya dengan segenap sumber daya yang dimiliki, kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

 

 

 

"Karena itulah kami membentuk kader-kader destana yang mempunyai beberapa tugas, dan hal dasar," kata Heri.

 

 

 

Mantan Kasat Pol-PP Kabupaten Lampung Selatan ini mengatakan hal dasar yang harus dimiliki yaitu mampu menghadapi atau meminimalisir segala bencana yang terjadi di wilayah desanya, terdepan ketika terjadi bencana, dan mampu melakukan proses pemulihan.

 

 

 

"Sehingga masyarakat bisa menganalisa dan mengantisipasi bencana bencana yang mungkin terjadi," katanya. (rnd)

Sumber: