Ada 18 Calon Kades se-Ketapang Bertarung di Enam Desa

Ada 18 Calon Kades se-Ketapang Bertarung di Enam Desa

Pengiriman logistic Pilkades di Kecamatan Ketapang dikawal kepolisian, kemarin.--Nyoman

KETAPANG,LAMPUNGNEWSPAPER - Perhelatan pesta demokrasi tingkat desa siap di gelar. Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Di Kabupaten Lampung Selatan siap dilaksanakan, Kamis besok (31/8/2023).

 

 

 

Di Kecamatan Ketapang misalnya. Di wilayah ini terdapat enam desa yang bakal melaksanakan pesta demokrasi Pilkades. Enam desa itu adalah Desa Sidoluhur, Desa Sripendowo, Desa Tamansari, Desa Pematangpasir, Desa Sidoasih dan Desa Berundung.

 

 

 

Sebanyak 18 calon Kades akan memperebutkan simpatik masyarakat di enam desa itu. Dari 18 calon itu terdapat 4 calon incumben yang ikut bertarung kembali di Pilkades serentak tahun ini. Mereka adalah Zakaria, calon incumben di Desa Sidoluhur, Candra Irawan calon incumben di Desa Sripendowo, Sahuri calon incumben di Desa Sidoasih dan Sunarso calon incumben di Desa Berundung.

 

 

 BACA JUGA: Palas Dijaga Satu Peleton Brimob

 

 

Sementara itu, berdasarkan data di Pemerintah Kecamatan Ketapang, jumlah calon kades di Desa Sidoluhur yakni 2 orang, Desa Sripendowo 3 orang, Desa Tamansari orang, Desa Sidoasih 4 orang, Desa Pematangpasir 3 orang dan Desa Berundung sebanyak 4 orang.

 

 

 

Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP didampingi Kasi Pemerintahan Suwardi, SE mengatakan, menjelang H-1 Pilkades serentak, panitia Pilkades masing-masing desa sudah menerima sejumlah logistik dari panitia Pilkades Kabupaten Lampung Selatan. 

 

 

 

"Sebagian logistik Pilkades sudah di distribusikan ke masing-masing desa yang menggelar Pilkades serentak di Kecamatan Ketapang. Seperti bilik suara dan ATK. Sementara kotak dan surat suara masih di simpan di kantor Camat dan di jaga ketat aparat keamanan dari TNI/Polri,"kata Suwardi, Rabu (30/8/2023).

 

 

BACA JUGA:Polisi Uji Rencana Operasi Saat Gelaran Pilkades Serentak di Lamsel

 

 

Suwardi menambah, kotak dan surat suara yang berjumlah 12 kotak untuk Pilkades 6 desa di Kecamatan Ketapang itu akan di distribusikan pada hari H pukul 5.30 WIB. "Hanya Desa Sidoluhur yang akan di distribusikan pada Rabu malam karena lokasi yang cukup jauh dari kantor kecamatan. Kotak dan surat suara di Desa Sidoluhur akan di jaga ketat oleh petugas keamanan,"ujarnya.

 

 

 

Sejauh ini, kata Suwardi, kelengkapan logistik untuk enam desa yang menggelar Pilkades cukup aman dan tidak ada kekurangan. Dia mengatakan, setiap desa yang menggelar Pilkades serentak akan mendapatkan jumlah bilik suara yang berbeda. "Setiap desa tidak sama mendapatkan jumlah bilik suara. Yakni, setiap 500 mata pilih mendapat 3 bilik suara. Contohnya, Desa Sripendowo jumlah mata pilih sebanyak 2500 mendapat 15 bilik suara,"ungkapnya.

Sumber: