Akibat Fenomena El Nino, Harga Cabai dan Bawang di Lampung Barat Jadi Naik

Akibat Fenomena El Nino, Harga Cabai dan Bawang di Lampung Barat Jadi Naik

--

LAMPUNG BARAT, LAMPUNGNEWSPAPER - Akibat fenomena El Nino kini banyak sektor yang merasakan dampaknya, seperti sektor pertanian yang membuat harga tanaman cabai dan bawang mengalami kenaikan harga.

 

BACA JUGA:Penyalur Bansos Jangan Lempar Tanggungjawab!

 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Lampung Barat Tri Umaryani melalui kabid Pemasaran Heriyanto, membenarkan bahwa hal ini dampak dari fenomena El Nino.

 

“Kemungkinan salah satu penyebab terjadi kenaikan harga ini ya dampak dari El Nino yang memang sedang berlangsung ini, bahkan informasinya kenaikan harga bawang terjadi merata di Indonesia,” ungkapnya, Selasa (29/8).

 

Dirinya menyampaikan, kenaikan harga ini terjadi di jenis cabai merah besar dan cabai merah keriting serta bawang jenis bombai dan bawang putih.

 

“Beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga di pasaran tersebut sudah berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi (monev) di lapangan, dan harga bahan pokok lainnya masih relatif stabil,” jelasnya.

 

“Dan untuk stok bahan pokok di pasar-pasar tradisional yang ada di Lampung Barat masih tercukupi seperti gula pasir, daging sapi, daging ayam dan kedelai,” terusnya.

 

Sumber: