Dampak Nyata El Nino, Puluhan Hektare Sawah di Lambar Terancam Gagal Panen

Dampak Nyata El Nino, Puluhan Hektare Sawah di Lambar Terancam Gagal Panen

--

LAMPUNG BARAT, LAMPUNGNEWSPAPER - Fenomena El Nino kini mulai nyata dirasakan oleh petani yang ada di kecamatan Suoh kabupaten Lampung Barat, kecamatan yang menjadi penghasil beras terbesar di Lampung Barat ini terancam gagal panen.

 

BACA JUGA:Polisi Uji Rencana Operasi Saat Gelaran Pilkades Serentak di Lamsel

 

Terdapat puluhan hektar sawah yang mengalami kekeringan imbas dari fenomena El Nino. Seperti salah satu petani yang sawah miliknya mengalami kekeringan Eko, membenarkan bahwa dampak dari El Nino berimbas pada sektor pertanian yang membuat sawah miliknya menjadi kering.

 

“Bukan cuma punya saya, tapi hampir semua sawah milik petani yang ada di Suoh ini mengalami kekeringan, yang kalau di total bisa sampai puluhan hektar yang terdampak, yang jelas tanaman padi ini bakal mati kalau begini terus,” jelasnya, Selasa (29/8).

 

Menurutnya, keadaan seperti ini menjadi momok tersendiri bagi seluruh petani yang ada di kecamatan Suoh sehingga mengakibatkan gagal panen, sebab keadaan padi miliknya saat ini sudah sangat memprihatikan.

 

“Untuk keringnya sendiri mulai dari bulan Agustus bahkan pada masa awal tanam saja curah hujan mulai kurang, ditambah lagi udah dua bulan lebih belum hujan-hujan di sini,” kata dia.

 

“Kalau keadaannya sekarang ini ya dominan kering bahkan hampir mati, warna daunnya aja ini udah agak kekuningan di tambah lagi tanah nya udah jadi pada retak-retak,” terusnya.

 

Sumber: