Puluhan Ton Tanaman Talas dari Gisting dikirim Ke Pulau Jawa

Puluhan Ton Tanaman Talas dari Gisting dikirim Ke Pulau Jawa

Puluhan Ton Talas dari Kecamatan Gisting akan dikirimkan ke Pulau Jawa. Tanaman talas tersebut berasal dari dua pekon di Kecamatan Gisting yakni Pekon Kuta Dalom dan Banjarmanis. Foto Hanibal Batman--

TANGGAMUS, LAMPUNGNEWSPAPER - Puluhan ton talas asal Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus Lampung, setiap bulannya dikirim reguler ke pulau Jawa, tanaman Colocasia esculenta (L.) Schoot, tersebut menjadi salah satu penyumbang perekenomian masyarakat setempat.

 

BACA JUGA:Dua Paskibraka Asal Lampung Tiba di Bumi Ruwa Jurai

 

Kepala Pekon Kuta Dalom Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Lampung Tri Eka Saputra mengatakan bahwa komoditas talas menjadi salah satu tanaman yang saat ini tengah dibudidayakan oleh masyarakat Pekon Kuta Dalom dalam beberapa tahun terkahir, hal itu lantaran tanaman tersebut mudah perawatannya dan menghasilkan.

 

“Saat ini komoditas talas banyak ditanami warga, karena bisa ditanami disekitar pekarangan, bahkan lahan khsusus,”kata Tri Eka Saputra, Selasa 22 Agustus 2023. Ia menambahkan bahwa hasil produksi talas tersebut lalu kemudian dibeli oleh pengepul dari para petani, kemudian talas talas tersebut di kirim ke Pulau Jawa untuk diolah dalam berbagai produk baik makanan maupun lainnya.

 

“Satu Hektar bisa mencapai 8 ton, dengan harga Rp 2.700 per kilo, dengan estimasi bersih yang diterima perkilo Rp 2 ribu rupiah,”ujarnya. Pengiriman talas, lanjutnya dalam seminggu 2 kali pengiriman, artinya dalam sebulan bisa 8 kali pengiriman.

 

“Dalam sebulan mencapai puluhan ton, kita harapkan harga talas kedepan bisa jauh lebih baik sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,”tandasnya. Selain perawatan yang mudah, tanaman talas juga bisa tumpang sari dengan tanam lainnya dan hanya sekali tanam saja. “Jadi tanaman talas bisa tumpang sari, dengan tanaman lainnya, baik pisang maupun lainnya,”terangnya.

 

Selain talas, pisang juga menjadi komoditas yang juga tengah digandrungi oleh masyarakat. Sama halnya dengan, talas pisang pisang asal Gisting ini juga dikirim ke pulau Jawa.

 

Sumber: