Jalinbar Sedayu Masih Minim LPJU

Jalinbar Sedayu Masih Minim LPJU

--

TANGGAMUS, LAMPUNGNEWSPAPER - Tanjakan Sedayu yang berada di Jalan Lintas Barat (Jalinbar), Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus menjadi momok menakutkan bagi para pengendara yang melintas. Pasalnya, tanjakan curam dan tikungan tajam membuat pengendara yang melintas harus ekstra hati-hati terutama malam hari. Hal ini karena, jalan penghubung Kabupaten Tanggamus dengan Kabupaten Pesisir Barat itu selain minim penerangan juga minim rambu-rambu lalu lintas.

 

BACA JUGA:Wagub Chusnunia Hadiri HUT ke-23 Kaukus Perempuan Politik Indonesia

 

Pantauan Lampungnewspaper hilir mudik pengendara dari dua arah tersebut sangat ramai. Jalan yang diapit oleh kawasan hutan lindung itu membuat pengendara yang berada di depannya harus waspada, sebab saat menikung di tanjakan hampir tak terlihat ada kendaraan dari depan atau berlawan arah.

 

Kondisi ini jug diperparah dengan adanya aspal yang bergelombang. Belum lagi ditengah-tengah hutan kawasan yang banyak pohon tumbang sehingga mengganggu pengguna jalan. Salah seorang pengendara roda empat Asril mengatakan sepanjang Jalinbar itu titik yang paling menegangkan terletak di Tanjakan Sedayu sampai Kabupaten Pesisir Barat.

 

Pasalnya, kondisinya selain menikung juga menanjak dengan jarak yang sangat panjang. “Sepanjang jalan itu seram mas terutama malam hari. Selain minim lampu jalan juga rambu lalu lintas,”katanya. Menurut Asril sudah tak terhitung menyaksikan kendaraan yang terlibat kecelakaan, baik siang maupun malam hari.

 

”Hujan deras baru-baru ini ada yang terpeleset, sebab air mengucur deras di jalan itu. Untung tidak ada mobil di depannya,” jelas. Hal yang sama juga dikatakan warga sekitar, Yusep mengaku kecelakaan lalu lintas nyaris setiap hari terjadi di lokasi itu.

 

Rata-rata kendaraan tersebut hampir masuk jurang lantaran mengira jalan tanjakan lurus saja.”Jalannya curam lampu jalan minim. Mayoritas kecelakaan karena rem blong,”jelasnya. Mengingat rawannya jalur tersebut, warga meminta agar segera dipasang rambu lalu lintas, terutama di tikungan tajam dan menurun tersebut.

 

Sumber: