Pengeluaran Perkapita Perbulan Warga Pringsewu Rp967.431

Pengeluaran Perkapita Perbulan Warga Pringsewu Rp967.431

--

PRINGSEWU, LAMPUNGNEWSPAPER - Rata-rata pengeluaran per kapita sebulan penduduk Kabupaten Pringsewu tahun 2022 tercatat sebesar Rp967.431 rupiah per kapita per bulan. 54,83 persen pengeluaran rumah tangga digunakan untuk kebutuhan makanan dan rokok atau sebesar .499 rupiah.

 

BACA JUGA:DPRD Kota Metro Gelar Sidang Dengar Pidato Kenegaraan Presiden RI

 

Sisanya sebanyak 45,16 persen digunakan untuk non makanan. Sedangkan pengeluaran untuk rokok menempati posisi ke empat dari seluruh komoditas yang dikonsumsi rumah tangga.

 

Hal ini berdasarkan situs resmi dari BPS Kabupaten Pringsewu dalam angka 2023 mengenai data pengeluaran penduduk menurut kelompok barang diperoleh dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2022 dibagi menjadi dua kelompok, yaitu konsumsi makanan dan bukan makanan.

 

Tingkat pendapatan yang diterima rumah tangga dapat menggambarkan tingkat kesejahteraan masyarakat, namun sulit untuk mendapatkan data pendapatan yang akurat, sehingga dalam kegiatan Susenas data ini didekati melalui data pengeluaran rumah tangga.

 

Pengeluaran rumah tangga meliputi pengeluaran makanan dan bukan makanan menggambarkan bagaimana penduduk mengalokasikan kebutuhan rumah tangga mereka. Meskipun harga bervariasi antar daerah, nilai pengeluaran rumah tangga mungkin masih berbeda tingkat kesejahteraan penduduk antar provinsi khususnya dilihat dari segi ekonomi. (Mul)

Sumber: