Ratusan Mahasiswa Unjuk Rasa di IAIN Metro

Ratusan Mahasiswa Unjuk Rasa di IAIN Metro

--

METRO, LAMPUNGNEWSPAPER - Ratusan aktivis mahasiswa yang menyatakan diri tergabung dalam aliansi Persatuan Mahasiswa Demokratik (PMD), berunjuk rasa di halaman kampus satu, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Selasa, 15/8/2023.

 

BACA JUGA:Telkomsel Raih Seluruh Penghargaan Kategori Mobile Broadband Ookla® Speedtest Awards™

 

Dari informasi yang diterima Lampung Newspaper, diketahui sekitar 100 aktivis itu menggelar aksi demontrasi, menuntut solusi atas berbagai persoalan yang terjadi dalam lingkup perkuliahan yang dinilai kurang menguntungkan mahasiswa.

 

Beberapa tuntutan antara lain, soal menurunnya minat calon mahasiswa memilih IAIN Metro sebagai tempat kuliah, sistem penyampaian mata kuliah yang dinilai asal-asalan karena tidak sesuai dengan silabus, ditemukannya karya tulis oknum dosen yang diduga hasil plagiasi, hasil pengabdian mahasiswa dalam Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) dipublikasikan sebagai artikel jurnal pengabdian.

 

Kemudian soal fasilitas fisik perkuliahan yang dinilai belum memadai, juga dugaan adanya praktik komersialisasi yang dilakukan dengan dalih bebas pustaka bagi mahasiswa tingkat akhir, sebagai persyaratan mendaftar sidang munaqosyah. Lalu, mengenai penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diduga karena dilakukan dengan sistem yang tidak transparan. Terakhir, soal ketidakmampuan ormawa institut dalam hal ini Sema-Dema I, untuk menjalankan fungsi dan peran sebagai pelaksana bidang legislatif dan eksekutif tertinggi di lingkup organisasi kemahasiswaan.

 

Koordinator Lapangan Gerakan Aksi PMD, Nur Kholis mengatakan pihaknya menggelar demonstrasi, menuntut solusi atas delapan persoalan terkait dengan kebijakan rektorat terhadap aktivitas perkuliahan.

 

“Intinya, kami menuntut rektorat agar memenuhi tuntutan kami dengan solusi yang berpihak ke mahasiswa. Kampus seharusnya mendahulukan kepentingan mahasiswa di atas lainnya,” kata Kholis.

 

Sumber: