Pemkab Pringsewu Dukung Pelestarian Budaya

Pemkab Pringsewu Dukung Pelestarian Budaya

--

PRINGSEWU, LAMPUNGNEWSPAPER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu siap untuk mendukung dan mendorong setiap upaya pelestarian budaya bangsa agar nantinya budaya seperti ini tidak akan hilang di masa yang akan datang.

 

BACA JUGA:Gubernur Arinal Djunaidi Raih Penghargaan Adhikarya Nararya Pembangunan Pertanian

 

Hal ini diungkapkan Penjabat Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah dalam sambutan menghadiri acara Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk “Wisanggeni Gugat” sekaligus dalam rangka Memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-78 di Jalan Pemda Pekon Klaten kecamatan Gadingrejo, Sabtu (12/8).

 

Acara yang dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Pringsewu, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) dan para Camat berserta Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat.

 

Menurut Adi Erlansyah Untuk diketahui bersama, budaya wayangan di Kabupaten Pringsewu masih menjadi primadona tersendiri bagi warganya. “Seperti contohnya dalam rangka peringatan 1 muharram di setiap tahunnya, beberapa pekon di kabupaten Pringsewu selalu menggelar kegiatan wayang kulit tersebut untuk memperingatinya, “terang dia.

 

Lanjut dia, Kesenian wayang Kulit tidak hanya sebuah pagelaran seni semata, namun didalamnya terkandung pesan luhur yang dapat dijadikan contoh dan motivasi bagi semuanya. Wayang kulit yang telah dinyatakan dan diakui dunia sebagai Maha Karya Dunia Yang Tak Ternilai Dalam Seni Bertutur Asli Indonesia adalah suatu bentuk penghargaan yang sangat besar dan membanggakan.

 

“Karenanya kita sebagai Bangsa Indonesia haruslah bangga dan terus menjaga kelestariannya. Terutama menjelang momentum HUT RI ke78 mendatang. Mari tanamkan kembali kecintaan akan nilai-nilai luhur kehidupan yang wajib kita bina sebagai manusia yang beriman dan berwawasan kebangsaan NKRI, “harap Adi.

 

Sumber: