Pembangunan Jalan Usaha Tani Bandan Hurip Berlanjut

Pembangunan Jalan Usaha Tani Bandan Hurip Berlanjut

- Proses pembangunan talut penahan tanah jalan usaha tani Dusun II, Desa Bandan Hurip, Kecamatan Palas, Kamis kemarin--David

PALAS,LAMPUNGNEWSPAPER Upaya Pemerintah Desa Bandan Hurip, Kecamatan Palas membangun jalan usaha pertanian terus berlanjut. Pada tahun ini pemerintah desa setempat membangun talut penahan tanah (TPT).

 

Kepala Desa Bandan Hurip Sugiyanto mengatakan, pembangunan talut ini sebagai salah satu sarana penopang jalan usaha pertanian masyarakat.

 

"Peningkatan jalan usaha tani ini memang telah menjadi program unggulan pembangunan desa dan sudah berjalan tiga tahun belakangan. Talud kita bangun supaya jalan usaha warga tidak mudah amblas pada saat musim hujan," kata Sugiyanto kepada Radar Lamsel, Kamis (10/8) kemarin.

 

Sugiyanto mengungkapkan, untuk membangun talut penahan tanah sepanjang 75 meter tersebut pemerintah desa mengucurkan dana sebesar Rp 19 juta yang dianggarkan melalui kucuran dana desa (DD) tahap ke dua tahun 2023.

 

BACA JUGA:PT.ASDP Menang Gugatan Kasasi di MA

 

"Pembangunan sarana pertanian ini kita anggaran dari DD tahap ke dua. Dimana kita membangun talud sepanjang 75 meter dengan dana sebesar Rp 19 juta," sambungnya.

 

Sementara itu Sekretaris Desa Bandan Hurip, Dony Iswanjono menjelaskan pembangunan jalan usaha tani sepanjang sekitar satu kilo meter tersebut dilakukan secara bertahap sejak tiga tahun terakhir.

 

"Sebagian jalan sudah dicor beton. Kemudian pembangunan terus dilanjutkan secara bertahap setelah dibangun talut di tahun berikutnya badan jalan juga akan ditingkatkan," sambungnya.

 

Dony berharap dengan adanya peningkatan jalan usaha pertanian di Dusun 2 ini akan memberikan dampak positif untuk masyarakat.

 

"Harapan kita dengan adanya pembangunan ini, mobilisasi pertanian di desa kita akan semakin lancar, terutama saat musim panen masyarakat tidak kesulitan lagi mengeluarkan hasil pnen dari sawah," harapnya. (vid)

 

Sumber: