Jadi Tuan Rumah Lokakarya Nasional UI GreenMetric, ITERA Komitmen Jadi Kampus Berkelanjutan Dunia

Jadi Tuan Rumah Lokakarya Nasional UI GreenMetric, ITERA Komitmen Jadi Kampus Berkelanjutan Dunia

--

BANDAR LAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER - Sebanyak 124 peserta dari sekitar 50 perguruan tinggi di Indonesia hadir dalam Lokakarya Nasional UI GreenMetric untuk Perguruan Tinggi Indonesia 2023, yang diselenggarakan di kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

 

BACA JUGA:Kunjungi SDIT Cahaya Madani, Polisi Seragam Lengkap Berikan Motivasi

 

Pertemuan yang mengusung tema “Solusi Berbasis Alam dalam Mencapai keberlanjutan di Perguruan Tinggi” tersebut merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan 9-10 Agustus 2023, di ITERA.

 

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua UI GreenMetric, Universitas Indonesia, Prof. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M., dan Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi yang diwakilkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Kusnardi M.Agr.,Ec. Dalam puncak acara ini, turut menyampaikan materi, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D. 

 

Dalam kesempatan tersebut Prof. Nizam menekankan bahwa Bumi merupakan titipan, dan mengingatkan masyarakat untuk menjadi orang tua atau kakek-nenek yang dapat mewarisi Bumi yang nyaman untuk ditinggali generasi selanjutnya.

 

“Waktu untuk mewujudkan SDGs tidak lama, untuk menghambat laju perubahan iklim juga sangat terbatas sehingga membutuhkan kerja keras bersama mengupayakannya, mulai dari hal-hal kecil, menghemat energi, mengurangi pemanfaatan plastik. Semoga Indonesia yang hijau dan berkelanjutan dapat tercapai,” ujar Prof. Nizam.

 

Rektor ITERA, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam sambutannya menyatakan, secara substansi ITERA terus berupaya maksimal untuk mengerahkan program keberlanjutan baik secara individu maupun institusi. Semua sivitas berkomitmen mendukung konsep berkelanjutan, tidak hanya secara teori, melainkan dalam tata kelola sehari-hari. Acuan yang diberikan diharapkan dapat memotivasi institusi pendidikan untuk berlomba dalam kebaikan.

 

Sumber: