Bupati Dewi Hadiri Istighosah Syukuran Laut

Bupati Dewi Hadiri Istighosah Syukuran Laut

--

TANGGAMUS, LAMPUNGNEWSPAPER - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menghadiri acara istighosah yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan syukuran laut, Rabu (9/8).Kegiatan itu diselenggarakan oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Kabupaten Tanggamus,bertempat di pelelangan ikan (TPI) Kotaagung Kabupaten Tanggamus Lampung.

 

BACA JUGA:TPI Kotaagung Terus Berbenah, Sejumlah Fasilitas Dibangun

 

Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan bahwa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam acara syukuran laut tersebut diharapkan menjadi kegiatan yang sarat akan makna, baik makna keagaman, seni budaya, kekompakan serta persatuan dan kesatuan.

 

“Para nelayan kita juga akan, menjadi nelayan yang semakin makmur dan sejahtera,”kata Dewi Handajani Ia juga menitipkan pesan dalam gelaran syukuran laut tersebut dapat berjalan dengan aman sama serta tertib. Serta menjaga kebersihan pantai dan laut serta menjaga kewaspadaan dari tindakan kriminalitas.

 

“Semoga sukses, semakin sehat, semakin sejahtera dan makmur untuk para nelayan di Kabupaten Tanggamus,”pungkas Bunda Dewi sapaan akrab bupati. Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan Syukuran Laut Teuk Semaka Mastang mengatakan, beragam kegiatan yang akan dilakukan ialah.

 

Pentas Seni Kuda Kepang, lalu Istighosah bersama,kemudian pentas seni seperti wayang golek, drum band dan pencak silat Pagar Nusa. Serta acara seremoni larung laut, dan larung kepala kerbau yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus.

 

“Larung kepala kerbau, rencanannya akan dipimpin oleh Bupati Tanggamus, menuju laut Semangka diiringi kapal dan perahu nelayan, lalu kegiatan lainnya pesta rakyat dan sunatan massal,”ujarnya. Turut hadir dalam acara Istikhosah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Suyanto, Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra dan jajaran pihak kecamatan dan anggota HSNI.(iqb)

Sumber: