Peringati Hari Kelautan Nasional, HNSI Akan Gelar Syukuran Laut

Peringati Hari Kelautan Nasional, HNSI Akan Gelar Syukuran Laut

--

TANGGAMUS, LAMPUNGNEWSPAPER - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung akan menggelar kegiatan syukuran laut di Teluk Semangka, Kota Agung. Syukuran laut tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kelautan Nasional tahun 2023.

 

BACA JUGA:Lumba-lumba Kembali Muncul di Perairan Kota Agung

 

Ketua Panitia Kegiatan Syukuran Laut Semaka Mastang mengatakan, bahwa kegiatan syukuran laut Semaka Dilaksanakan rutin dua tahun sekali.

 

Melibatkan HSNI dan masyarakat nelayan di Kabupaten Tanggamus. Kegiatan syukuran laut Semaka tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 9 hingga tanggal 10 Agustus 2023 mendatang. “Jadi beragam kegiatan, telah mulai kita lakukan mulai tanggal 9 Agustus 2023, dan acara seremoni yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus,”kata Mastang Senin 7 Agustus 2023.

 

Kegiatan Syukur laut Semaka lanjutnya bertempat di Komplek Pelelangan Ikan, Kotaagung, Kabupaten Tanggamus. Adapun beragam kegiatan yang akan dilakukan ialah, di tanggal 9 Agustus Pentas Seni Kuda Kepang, lalu Istighosah bersama.Kemudian di Tanggal 10 Agustus beragam pentas seni seperti Wayang Golek.

 

Drum Band dan Seni Pagar Nusa, lalu acara seremoni larung laut, dan larung kepala kerbau. “Larung kepala kerbau, rencanannya akan dipimpin oleh Bupati Tanggamus, menuju laut Semaka diiringi kapal dan perahu nelayan, lalu kegiatan lainnya pesta rakyat dan sunatan massal,”ujarnya.

 

Ia menambahkan kegiatan tersebut akan dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah Kabupaten Tanggamus. Baik Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Kejari dan lainnya. Tidak hanya itu Anggota DPRD Provinsi dan Juga Anggota DPR RI juga diundang dalam kegiatan tersebut.

 

Sumber: