Tes Tertulis Balon Kades Digelar Hari Ini

Tes Tertulis Balon Kades Digelar Hari Ini

--

KALIANDA, LAMPUNGNEWSPAPER - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak gelombang II Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Lampung Selatan, menjadwalkan tes pembobotan bakal calon kepala desa (balon kades) di 5 desa. Pasalnya, terdapat lebih dari lima orang yang mendaftar sebagai balon kades dalam kontestasi tersebut.

 

BACA JUGA:Babinsa Koramil 410-03/TBU Pimpin Upacara di SD Negeri 3 Keteguhan

 

Ke 5 desa tersebut adalah Desa Serdang dan Way Galih Kecamatan Tanjung Bintang, Desa Sinar Rezeki Kecamatan Jatiagung, serta Desa Rangai Tritunggal dan Tanjung Agung Kecamatan Katibung.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamsel, Erdiansyah, SH, MM menegaskan, tahapan pembobotan ini masih menjadi satu rangkaian dalam verifikasi berkas. Sehingga, hasilnya nanti akan diumumkan dan ditetapkan sebagai calon kades pada Pilkades Serentak 2023.

 

"Ya, sekarang kan masih dalam tahap perbaikan berkas balon kades. Termasuk tahapan pembobotan bagi desa yang pendaftarnya lebih dari 5 calon. Jadi, ada 5 desa yang bakal mengikuti seleksi atau tes pembobotan," ungkap Erdi kepada Radar Lamsel .

 

Dia menerangkan, selain tes tertulis dalam tes pembobotan tersebut ada beberapa indikator yang akan menjadi penilaian. Diantaranya, termasuk usia, pendidikan terakhir dan pengalaman di pemerintahan.

 

"Ada kategori penilaiannya. Disamping mereka harus besar dalam tes tertulisnya, indikator yang saya sebut diatas juga harus baik agar bisa lolos sebagai calon kades," terangnya.

 

Lebih lanjut dia menjelaskan, tes tertulis pembobotan calon kades itu akan digelar pada 8 Agustus 2023 hari ini. Dimana, akan diikuti oleh 36 balon kades dari 5 desa tersebut.

 

"Rinciannya, Desa Serdang dan Way Galih Kecamatan Tanjung Bintang masing-masing 6 balon kades. Lalu, Desa Sinar Rezeki Kecamatan Jatiagung 8 balon kades dan Kecamatan Katibung Desa Rangai Tritunggal 9 balon kades, Tanjung Agung 7 balon kades," pungkasnya. (idh)

 

 

Sumber: