DD Dua Desa Terancam tak Cair

DD Dua Desa Terancam tak Cair

--

LAMPUNG SELATAN, LAMPUNGNEWSPAPER - Sebanyak 5 dari 256 desa di Kabupaten Lampung Selatan belum mencairkan dana desa (DD) Tahap II tahun 2023. Padahal, pencairan anggaran desa seberat 40 persen itu sudah dilakukan sejak akhir Bulan Juni 2023, lalu.

 

5 desa yang belum mencairkan DD Tahap II Tahun 2023 itu berada di Kecamatan Palas dan Katibung. Namun, untuk 3 desa di Kecamatan Palas akan diajukan ke KPPN pada, Senin (7/8/2023) mendatang.

 

BACA JUGA:SMAN 2 Kalianda Tampil Memukau di Bundaran Pancasila

 

Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Keuangan Desa dan Kelurahan DPMD Lamsel, M. Iqbal Fuad memastikan, dari 5 desa tersebut 3 diantaranya sudah melengkapi persyaratan dan siap diajukan untuk pencairan. 3 desa tersebut adalah Desa Palas Jaya, Mekar Mulya dan Sukaraja Kecamatan Palas.

 

"Ya, dari 5 desa yang belum cair DD Tahap II itu 3 diantaranya akan kita ajukan Minggu depan. Karena persyaratannya sudah lengkap semua," kata Iqbal kepada Radar Lamsel, Jum'at (4/8/2023).

 

Sementara itu, untuk Desa Karya Tunggal dan Pardasuka Kecamatan Katibung belum juga mengajukan pencairan DD tahap II Tahun 2023. Bahkan, mereka belum melaporkan kegiatan DD tahap I sebagai dasar pencairan untuk tahap berikutnya.

 

"Artinya, 2 desa itu masih perbaikan dan ada yang belum merealisasikan kegiatannya di tahap sebelumnya. Kalau tidak ada laporan kegiatan tahap I mereka tidak bisa mengajukan ketahap berikutnya. Karena itu menjadi syarat wajib untuk pencairannya," terangnya.

 

Sumber: