Manfaat Pohon Seri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Pohon Seri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pohon Seri--

 BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER-Sampai sekarang masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang khasiat dan manfaat pohon seri atau kersen. Padahal, daun seri  sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

 

 Kemudian pohon seri merupakan sejenis tanaman yang bisa tumbuh diperkarangan rumah. Selain pohonnya rindang, pohon seri juga tingginya berkisar 4-5 meter. Bahkan, cabang pohon mendatar dan membentuk naungan rindang.

 

Pohon seri dengan nama latin muntinga calabura ini 

 

Berbuah bulat kecil. Jika masak buah berwarna merah. Sedangkan saat masih muda berwarna hijau. Rasanya pun manis, dan memiliki banyak biji kecil seperti pasir. Bahkan, berdasarkan hasil penelitian diketahui kalau kandungan gizi dri buah seri atau kersen tak kalah dari buah lainnya.

 

BACA JUGA:Lima Jenis Makanan Yang Tinggi Albumin

Sebagai contoh dalam perbandingan kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan buah seri atau kersen 80,5 mg. Kandungan kalsium buah kersen 124,6 miligram, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 miligram.

 

Kemudian buah seri atau kersen mengandung zat-zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kandungan buah kersen antara lain setiap 100 gram kersen mengandung air (77,8 gram), protein (0,384 gram), lemak (1,56 gram), karbohidrat (17,9 gram), serat (4,6 gram), abu (1,14 gram), kalsium (124,6 miligram), fosfor (84 miligram), besi (1,18 miligram), karoten (0,019 gram), tianin (0,065 gram), ribofalin (0,037gram), niacin (0,554 gram), dan vitamin C (80,5 miligram). Adapun nilai energi yang dihasilkan 380 KJ/100 gram.

 

Yang tak kalah pentngnya, daun seri  merupakan daun yang sering digunakan sebagai rempah-rempah dan obat herbal. Kemudian berdasarkan pengalaman orang yang mengidap gula darah tinggi, manfaat daun seri untuk mengurangi kadar gula dalam darah ternyata memang terbukti benar. 

 

Bahkan, Kadar gula darah yang di angka 300 mampu berkurang sampai di kisaran 200 hingga mendekati normal. Tak hanya untuk menurunkan kadar gula darah, juga berkhasiat untuk berbagai kesehatan lainnya seperti antihipertensi, antiseptic, antitumor dan untuk kecantikan.

 

Kemudian kandungan gizi yang terdapat di dalamnya, antara lain, karbohidrat, protein, lemak tak jenuh berantai ganda, senyawa kelompok flavonoid (biflavan, flavan, flavanone, dan falavone), alkaloid, tannin, saponin, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor. Zat-zat tersebut bersifat antioksidan, antiinflamasi, antikanker, dan antiseptik.

 

Yang jelas, daun seri membantu pengurangan kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam darah tergantung seberapa efektif insulin merombak glukosa menjadi gula sederhana dan energi. Kadar insulin harus mencukupi untuk perombakan ini.

 

 Senyawa kelompok flavonoid dan saponin mendorong produksi insulin sampai kadar yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan demikian, kadar gula dalam darah bisa terkontrol dan berada pada kisaran normal.

BACA JUGA:Resep Makanan Sehat untuk Bayi

 

Yang tak alah pentingnya, daun seri berguna juga untuk menghambat dan mematikan perkembangan sel-sel kanker, karena senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan seperti pada kelompok senyawa flavonoid, saponin, alkaloid, tannin, vitamin C, dan mineral bersama-sama menghambat perkembangan sel-sel kanker. Kemudian antioksidan akan menangkap zat-zat yang bersifat radikal bebas di tubuh dan menetralkannya yang selanjutnya dieksresikan melalui berbagai jaringan. Radikal bebas ini merupakan pemicu terbentuknya sel-sel abnormal.

 

Selanjutnya daun seri ternyata mampu menjaga fungsi-fungsi otot jantung supaya bisa bekerja dengan normal. Kerja otot jantung yang baik akan membuat denyut jantung normal sehingga jauh dari risiko terkena serangan jantung.

 

Manfaat lainya daun seri,

Sumber: