Jangan Sampai Keliru, Ini lambang Tanggamus yang Benar Sesuai Perda

Jangan Sampai Keliru, Ini lambang Tanggamus yang Benar Sesuai Perda

--

TANGGAMUS, LAMPUNGNEWSPAPER - Penggunaanlambang Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Tanggamus ternyata masihada yang salah. Khususnya mengenaitata letak warna.Lambang Pemkab Tanggamussendiri telah ditetapkan berdasarkanPeraturan Daerah (Perda) Nomor 2 ta-hun 1997 tentang lambang daerah ka-bupaten daerah tingkat II TanggamusDilansir dari laman resmi Pemer-intah Kabupaten Tanggamus, www.tanggamus.go.id, lambang dan Mas-kot Tanggamus terdiri dari lambangdaerah berbentuk perisai bersegi lima, menggambarkan kesanggupanmasyarakat Kabupaten Tanggamus mempertahankan citra dan membinapembangunan daerah yang didiami oleh beberapa unsur golongan ma-syarakat yang berdasarkan Pancasila.

 

Pada Lambang Daerah dibagian atas bertuliskan TANGGAMUS ber-warna merah dengan dasar putih Garis tepi yang melingkari LambangDaerah berwarna kuning.Warna hijau melambangkan kesuburan, Warna kuning melambang-kan kemuliaan dan kemakmuran,warna merah melambangkan tekad ma-syarakat untuk membangun daerahnya.Didalam lambang daerah bagian atas terdapat siger khas LampungPesisir Adat Saibatin. Siger berwarna kuning keemasan dengan (tujuh)buah mahkota merupakan ciri khas pakaian adat Lampung Pesisir AdatSaibatin.

 

Gunung Tanggamus yang dijadikan sebagai nama kabupaten, melam-bangkan Kabupaten Tanggamus yang potensial sebagai salah satu anda-lan daerah Lampung.Laut dan pulau adalah gambaran dari Teluk Semangka dan PulauTabuan, merupakan kebanggaan masyarakat daerah ini, sekaligus potensikekayaan alam sumber pendapatan para petani, nelayan.Sedangkan Pulau Tabuan merupakan satu-satunya pulau yang ada diwilayah Kabupaten Tanggamus.

 

Ragkaian daun dan buah kopi serta padi yang pada tangkainya Si-wokh terhunus sebagai senjata khas tradisional.Siwokh adalah merupakan senjata khas tradisional masyarakat Lam-pung Pesisir, melambangkan bahwa Kabupaten Tanggamus Tentram,Aman, Terkendali di bidang pertahanan dan keamanan.Pita berwarna putih bertuliskan “BEGAWI JEJAMA”.

 

jejama ber-makna masyarakat daerah ini mengutamakan Persatuan dan Kesatuandalam melaksanakan pekerjaan untuk mambangun daerahnyaTokoh Pemuda dari Marga Buay Turgak Hendra Ferry gelar RajaWira Utama menyambut baik apa yang dilakukan oleh Pemerintah Ka-bupaten Tanggamus untuk menertibkan kesimpang siuran tentang Logolambang Kabupaten Tanggamus yang selama ini bermacam-macam danberbagai versi dalam membuat administrasi surat menyurat maupunplang nama pada perkantoran dan lain-lain.

 

Menurut Khaja Ferry, sapaan akrabnya,selama ini lambang Tanggamus banyak yang digunakan oleh pemer-intah maupun instasi lainnya baik swasta dan masyarakat kebanyakandari berbagai versi sehingga terjadi kebingungan di dalam menentukanlogo dan lambang yang sudah diperdakan dengan Perda Nomor 2 tahun1997.

 

“Lambang Tanggamus yang benar itu, yang warnanya hijau,kuningdan merah. Bukan kombinasi warna hijau tua, hijau muda dan merah.Selama ini ada banyak versi, yang benar ini lambang yang desainnyadimenangkan oleh bapak Daniel Taufik yang saat itu salah pegawai diSekretariat Kabupaten Tanggamus bidang program,”katanya.

 

Sumber: