DLH Janji Atasi Masalah Air Limbah Sampah TPA Bakung

DLH Janji Atasi Masalah Air Limbah Sampah TPA Bakung

--

BANDARLAMPUNG- Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Kota Bandar Lam-pung berjanji akan menang-gulangi permasalahan terkaitpengaduan warga akibat airlimbah timbulan sampah TPABakung yang mencemari la-han perkebunan dan sumurwarga di umbul kunci Kam-pung Sukamandi, Kelurahanketeguhan.

 

Demikian disampaikanKepala DLH Kota BandarLampung, Budiman P Megasaat diwawancarai, Kamis(3/8).

 

“Saya sudah mengusul-kan ke Kecamatan, Lurah danpamong setempat untuk carialternatif bagaimana cara me-nyalurkan air ini,” katanya.

 

Budiman menambahkan,pihaknya juga telah menyam-paikan laporan terkait perma-salahan tersebut ke WalikotaBandar lampung dan Sekda.

 

“Mereka akan meren-canakan anggaran di APBD2023, tapi pelaksanaan nya diAPBD murni 2024 dan untukanggarannya kemarin sayalihat mencapai miliaran,” katanya.Budiman juga menjelas-kan, akibat timbulnya airlimbah tersebut dikarenakanmusim penghujan, yang di-mana saat musim kemarausampah tersebut terbakardan disaat musim penghu-jan, sampah tersebut menge-luarkan air limbah.

 

Selain itu juga, dikare-nakan ada aliran air yangtertutup sampah sehinggamenyebabkan air limbahsampah tersebut mengalir kepermukiman warga.

 

“Dari bulan Maret kema-rin kami sudah melakukangotong royong, dan iuranuntuk menyewa alat beratselama 10 hari dan itu ber-jalan lancar. Namun, karenamusim penghujan jadi me-nyebabkan longsor. Danjuga, alat berat yang terse-dia terbatas dan alat tersebutpendek hingga tidak bisamenjangkau sampahnya,”jelasnya. “Kita dari DinasLingkungan Hidup kanberupaya untuk menang-gulangi permasalahan itu,”pungkasnya. (dka/apr)

Sumber: