Ada 500 Dosis Vaksin Rabies di Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Utara

Ada 500 Dosis Vaksin Rabies di Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Utara

--

KOTA BUMI, LAMPUNGNEWSPAPER - Dinas Perkebunan dan Peternakan (DisbuNak) Kabupaten Lampung Utara saat ini memiliki 500 dosis vaksin rabies yang bisa didapatkan oleh masyarakat untuk hewan peliharaannya. Selain untuk hewan peliharaan, vaksin rabies juga disuntikkan pada hewan liat untuk mencegah penyebaran virus akibat gigitan hewan rabies.

 

"Selain memberikan vaksin untuk hewan peliharaan, kita juga memberikan vaksin kepada hewan liar yang berisiko menyebarkan GHPR, seperti anjing liar. Vaksinasi dapat dilakukan dengan metode suntik atau diseburkan," ungkap Plt Kepala Disbunak Lampura, Riya Yuliza saat di wawancarai Lampungnewspaper via WhatsApp pada Selasa, 1 Agustus 2023.

 

 

Riya menjelaskan bahwa penyakit rabies dapat ditularkan melalui gigitan hewan terjangkit yang mengandung virus di air liurnya. Jika tidak segera ditangani, penyakit itu dapat berakibat fatal.

 

 

"Jika dilihat melalui video, gejala rabies sangat mengerikan. Penderita rabies akan mengalami gejala mirip dengan penyakit epilepsi. Oleh karena itu, memberikan vaksinasi, terutama pada hewan peliharaan di sekitar kita, sangat penting," tambahnya.

 

 

Dinas Perkebunan dan Peternakan dan Dinas Kesehatan Lampung Utara berjanji akan merespons dengan cepat jika ada permintaan vaksinasi di lapangan.

 

 

Sumber: