Semangat Gotong Royong, Aksi Bersih Pantai di Pulau Pasaran

Semangat Gotong Royong, Aksi Bersih Pantai di Pulau Pasaran

--

BANDAR LAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER - Masyarakat Bersama Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Dinas Kehutanan Provinsi Lampung menggelar Aksi Bersih Pantai (Coastal Clean Up) di Pulau Pasaran Kota Karang-Teluk Betung,Selasa (1/8/2023).

 

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan hidup khususnya wilayah pesisir dan pantai agar kelestarian ekosistem terjaga dengan baik.

 

Pantai yang bersih tentunya akan berdampak pada peningkatan keindahan alam yang selanjutnya dapat meningkatkan potensi wisata di kawasan Pulau Pasaran sekaligus menjadi pelindung daratan dari abrasi pantai yang akan mengakibatkan banjir rob.

 

Aksi bersih pantai ini melibatkan Pemerintah  Provinsi Lampung dan juga seluruh elemen masyarakat (nelayan, ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, sukarelawan, pegiat media sosial dan aktivis lingkungan) yang ada di sekitar pulau maupun di wilayah kota Bandar Lampung. 

 

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, Akhmad Tantowi,S.T,M.H menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

 

"Kebersihan pantai terutama pesisir ini sangat penting untuk mempertahankan ekosistem alami lingkungan yang berdampak terhadap masa depan lingkungan hidup," ucapnya

 

"Sampah ini harus dikelola dengan baik tidak hanya tugas Pemerintah Daerah saja namun membutuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan pantai sehingga tidak membuang sampah sembarangan," lanjutnya.

 

Sumber: