Serapan APBD Sangat Rendah, Sekda Minta OPD Lakukan Ini

Serapan APBD Sangat Rendah, Sekda Minta OPD Lakukan Ini

Sekda Lamsel, Thamrin--

Lamsel, Lampungnewspaper.disway.id - Serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Selatan pada triwulan kedua Tahun Anggaran (TA) 2023 baru mencapai 35,79 persen atau Rp798.251.855.259,57. Pemkab berharap, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Lamsel untuk mempercepat kegiatannya masing-masing.



Hal ini ditegaskan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, MM kepada para awak media, Senin (31/7/2023).



Dia menegaskan, setiap OPD di lingkup Pemkab Lampung Selatan yang memiliki kegiatan diharapkan segera melaksanakannya. Khususnya, OPD yang berkaitan dengan pembangunan fisik dengan nilai APBD tinggi.



"Kami mendorong para OPD untuk segera melaksanakan kegiatan. Terutama yang berhubungan dengan pembangunan fisik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penyerapan APBD," kata Thamrin di Kantor Bupati Lamsel.



Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lampung Selatan, Wahidin Amin menyebutkan, saat serapan APBD 2023 baru mencapai 35,79 persen atau Rp798.251.855.259,57. Dari pagu APBD Lamsel yang berjumlah Rp2.230.331.447.069.



"Sejauh ini, penyerapan APBD didominasi oleh belanja barang dan jasa. Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Umum Spesifik Grant (DAU SG) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) segera direalisasikan. Dengan demikian, dana yang ada dapat terserap dengan baik," tukasnya.



Berdasarkan pantauan, beberapa proyek fisik atau pembangunan tengah dimulai pengerjaannya. Seperti, pembangunan lanjutan Kantor BPKAD dan tempat kuliner atau food court di lokasi Mal Pelayanan Publik (MPP) Kalianda. (idh)

Sumber: