Waspada, 17 Kasus HIV Terkonfirmasi di Pesisir Barat

Waspada, 17 Kasus HIV  Terkonfirmasi di Pesisir Barat

Tujuh Belas kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV)/ Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) yang terkonfirmasi di Kabupaten Pesisir Barat.-Gilang-

PESISIRBARAT,LAMPUNGNEWSPAPER - Waspada, ada  Tujuh Belas  kasus  Human Immunodeficiency Virus (HIV)/ Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) yang terkonfirmasi di Kabupaten Pesisir Barat.

 

Sejak tahun 2022 sampai bulan Juli 2023,Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat menemukan 17 kasus pasien yang terjangkit oleh HIV/AIDS tanpa diketahui masa inkubasi nya. Dimana mayoritas pengidapnya berusia dari 20 tahun  sampai dengan usia  50 tahun.

 

Menurut Kabid Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit,  Lisma Yunit, gejala dari penderita hiv sulit untuk diketahui, dikarenakan virus ini menyerang sistem imunitas tubuh dan mengakibatkan jenis penyakit lain mudah menginveksi.

 

BACA JUGA:Semangat Luar Biasa Para Perempuan Inspirator dalam Mencegah Stunting

“ Untuk setiap pasin HIV yang terjangkit langsung kita lakukan pengobatan, untuk pencegahannya kita harus berprilaku hidup sehat dan menjauhi perilakku sek bebas,”ujar Lisma

 

Lebih lanjut, terang Lisma, dari 17 yang terjangkit telah kita lakukan pengobatan dengan anti virus  ARV, selain itu dinas Kesehatan juga telah rutin melakukan pennyuluhan.

 

“Penyebaran virus ini dapat melalui seks bebas beganti-ganti pasangan, konsumsi narkotika menggunakan jarum suntik secara bergantian, luka yang terinfeksi, serta penggunaan alat kesehatan yang tidakk steril,”terang Lisma

 

 BACA JUGA:Nanang Geram, Curanmor di Komplek Pemda Lamsel Marak

 

Penanganan terhadap pasien dilakukan secara terus-menerus dikarenakan baik medis ataupun herbal dan belum ada obat-obatan lain yang dapat benar-benar menyembuhkan penyakit ini.  salah satu obat yang digunakan bernama arv (antiretroviral)/ berguna untuk mengendalikan infeksi hiv.

 

 

 

“Proses pengobatan  dilakukan secara berkala guna meminimalisir penyebaran virus dalam tubuh dan meningkatkan imunitas para penderita,tutup Liisma ( glg))

 

Sumber: