Kementrian KKP Bagikan 600 Ribu Benih Udang di Lampung Selatan

Kementrian KKP Bagikan 600 Ribu Benih Udang di Lampung Selatan

David Zulkarnain - Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin bersama Dirjen Budidaya Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan TB Haeru Rahayu saat panen raya kolam terintegrasi di Desa Palas Pasemah, Sabtu pekan laluDavid Zulkarnain - Ketua Komisi IV DPR RI, Sud--

Lamsel, LampungNewspaper.disway.id – Budidaya perikanan terintergrasi yang tengah dikembangkan di wilayah Palas memiliki masa depan yang cukup progresif untuk meningkatakan produksi perikanan dan padi di Lampung Selatan.
Budidaya perikanan terintergarsi yang tengah dikembangkan oleh calon anggota DPR Provinsi Lampung, Aribun Sayunis ini mengembangan tiga komoditas perikanan yaitu, udang vaname, ikan nila, ikan patin. Kemudian air kolam yang telah menjadi limbah dimanfaatkan untuk mengairi sawah.
Meski metode ini menjadi langkah progresif, Dirjen Budidaya Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, TB Haeru Rahayu dan Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin menegaskan budidaya terintegrasi ini perlu dijaki lebih dalam.
Aribun mengatakan, pada sistem budidaya terintegrasi dilakukan dengan metode pemindahan air dari kolam udang vaname, kemudian dipindah ke kolam nila dari situ air kembali dipindah ke kolam ikan pati, dan air kolam yang telah menjadi limbah akan dialirkan ke sawah untuk tanaman padi.
“Dalam metode budidaya perikanan terintegrasi kita mengembangkan tiga komoditas perikanan yaitu, udang vanam, ikan nila, dan ikan patin. Kemudian air dari kolam ini berkahir di sawah untuk tanaman padi,” kata Aribun pada kegiatan panen raya ikan Nila, di Desa Palas Jaya, Jumat (28/7) kemarin.
Aribun mengklaim, selain dapat meningkatkan jumlah komoditas perikanan sistem budidaya terintegrasi ini juga diklaim dapat mengurangi penggunaan pupuk 20 persen, namun meningkatkan produksi padi 10 persen.
“Kemudian dengan memanfaatkan limbah air kolam untuk mengairi tanaman padi. Disini kita bisa menghemat pupuk 20 persen, tapi produksi padi kita meingkat 10 persen,” sambungnya.
Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin yang hadir dalam panen raya itu juga menyambut baik sistem budidaya perikanan terintegrasi yang tengah dikembangkan oleh Aribun Sayunis itu.
Namun Politisi Partai PDIP ini menegaskan, metode ini tetap perlu dikaji kembali. Bandan Standarisasi Instrumen Pertanian juga akan diturnkan untuk melihat efisiensi sistem budidaya perikanan terintergrasi yang masih baru ini.
“Disisi budidaya perikanan kita serahkan ke dirjen. Kemudian di sektor pertaniannya kita akan menurunkan BSIP Lampung untuk melihat standarisasi instrumen pertanian. Nanti semuanya akan dikaji, kesehatan ikan dan hasil padinya, supaya semuanya bersinergi,” tuturnya.
Sementara itu Dirjen Budidaya Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, TB Haeru Rahayu menjelaskan, sistem budidaya perikanan terintegrasi merupakan sistem yang baru dikembangkan di tanah air. Meski demikian sisteme budidaya terintegrasi ini juga sebagai salah satu langkah untuk mensiasati anjloknya salah satu komoditi perikanan budidaya.
“Sistem budidaya terintegrasi memang masih baru dikembangkan, dan kita lihat secara prinsip ini sangat bagus untuk dikembangkan.  Namun demikian, perlu dikaji kita cek semuanya, kalu semuanya bagus sistem ini bisa di copi paste di daerah lain,” sambungnya.
Haeru juga mengatakan, saat ini pihaknya juga akan mesiasati anjloknya komoditas perikanan seperti ikan patin, udang vaname, dan rumput laut.
Selain disebabkan dampak Covid 19 merosotnya tiga komoditas perikanan itu disebabkan persaingan antar negara yang juga mengembangkan budidaya perikanan.
“Salah satunya udang vaname yang market besarnya di Amerika namun begitu ada saingannya, langsung collaps. Begitu juga rumput laut sekarang juga sedang jatuh.  Masalah ini akan kita cari jalan keluarnya, kita akan komunikasi dengan Dirjen Peningkatan Daya Saing untuk mencari alternatif pasar,” terangnya.
Dalam kegiatan panen raya tersebut, Dirjen Budidaya Perikanan juga menyalurkan bantuan benih udang vaname sebanyak 600 ribu ekor yang disalurkan kepada enam kelompok budidaya perikanan. (vid)

Sumber: