Antisipasi Karhutla,Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Minta Semua Waspada

Antisipasi Karhutla,Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Minta Semua Waspada

Rakor Pengendalian karhutla--Nop

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER- Sebagaimana prediksi BMKG, Tahun 2023 akan lebih kering dibandingkan Tahun 2022,terdapat kemungkinan terjadi El Nino setelah 3 kali La Nina (2020-2022).

 

Sehingga diperkirakan terjadi peningkatan  Kebakaran Hutan dan lahan (karhutla) seperti tahun 2019. 

 

 

 

Untuk mengantisipasi dampak dari El Niino, Gubernur Arinal Djunaidi  meminta kepada seluruh Perangkat Daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota.

 

 BACA JUGA:Lampung Timur Mendomiinasi Kebakaran Hutan dan Lahan

 

Kemudian POLDA Lampung beserta jajaran, Danrem 043 Garuda Hitam beserta jajaran, dan stakeholder/perusahaan.

 

 

 

Serta tak lepas peran masyarakat dibutuhkan  untuk meningkatkan kewaspadaan dan saling bahu membahu dalam upaya untuk menanggulangi karhutla sesuai dengan amanat Inpres No. 3 Tahun 2020 yaitu :

 

 BACA JUGA:Ngecamp di Pantai Kedu Jadi Alternatif Wisatawan yang Bosan ke Pegunungan

 

Untuk menghadapinya berbagai upaya telah dilakukan, antara lain :

 

1. Merevisi SK Gubernur Nomor 478 Tahun 2017 tentang Pembentukan Satuan Tugas Pengendali Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Lampung, menyesuaikan dengan peraturan serta ketentuan yang terbaru yaitu Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan;

 

2. Meningkatkan kewaspadaan dini dan memberikan perhatian penuh terhadap risiko terjadinya karhutla dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan karhutla melalui pembinaan Kelompok Masyarakat Peduli Api/ Kelompok Tani dan pemegang izin pemanfaatan hutan;

 

3. Memperkuat koordinasi dan kerjasama dengan stakeholder terkait lainnya untuk membangun jejaring pengendalian karhutla.

 

 

Sumber: