Penyederhanaan Birokrasi Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Efektif dan Efisien

Penyederhanaan Birokrasi Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Efektif dan Efisien

--gambar: lampungprov.go.id

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER - Staff Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan Pembangunan, Zainal Abidin, menjadi Pembina Apel Mingguan yang mewakili Gubernur Lampung di Sekretariat Daerah Provinsi Lampung. Acara tersebut diadakan di Lapangan Korpri pada hari Senin, 19 Juni 2023.

 

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Zainal Abidin, Staff Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan Pembangunan, Gubernur Lampung menyampaikan bahwa penyederhanaan birokrasi merupakan bagian dari reformasi birokrasi untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien dengan memaksimalkan pemanfaatan SPBE.

 

"Untuk mewujudkan penyederhanaan birokrasi, telah dilakukan penyederhanaan struktur organisasi dan penyetaraan jabatan sesuai dengan yang diatur oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui Nomor 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi," ujar Gubernur Lampung.

 

Zainal Abidin juga melanjutkan bahwa dalam upaya penyederhanaan birokrasi dalam sistem kerja Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Provinsi Lampung sedang menyusun Peraturan Gubernur (Pergub) bekerja sama dengan Kementerian PAN dan RB.

 

"Dalam rangka penyederhanaan birokrasi, saat ini Pemerintah Provinsi Lampung bersama tim dari Kementerian PAN dan RB sedang menyusun Peraturan Gubernur mengenai Sistem Kerja pada Instansi Pemerintah dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung," tambahnya.

 

Zainal Abidin menyampaikan bahwa melalui sistem kerja ini, pejabat pimpinan tinggi, pejabat administrasi, pejabat fungsional, dan pejabat pelaksana akan bekerja sama untuk mencapai target melalui pembentukan tim kerja.

 

Pada kesempatan tersebut, Zainal Abidin juga melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung saat ini mencapai 4,96%. Menurut data dari BPS, pertumbuhan ekonomi Lampung pada Triwulan I Tahun 2023 melebihi rata-rata Sumatera yang sebesar 4,79%. Secara kuartalan, pertumbuhan ekonomi Lampung sebesar 0,79%.

 

Sumber: