Peringatan Hari Konsumen Nasional 2023, Pemerintah Provinsi Lampung Berkomitmen Melindungi Hak Konsumen

Peringatan Hari Konsumen Nasional 2023, Pemerintah Provinsi Lampung Berkomitmen Melindungi Hak Konsumen

--gambar: lampungprov.go.id

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, mengikuti senam bersama dalam Peringatan Hari Konsumen Nasional Provinsi Lampung Tahun 2023 yang diadakan di PKOR Way Halim, pada Jumat (16/06/2023).

Peringatan Harkonas ditetapkan setiap tanggal 20 April sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional. Pada tanggal tersebut, juga dikeluarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yang merupakan tonggak sejarah dalam upaya negara untuk melindungi konsumen.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Lampung dalam membuka Acara Peringatan Hari Konsumen Nasional Provinsi Lampung Tahun 2023.

Dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Gubernur Lampung menyatakan harapannya bahwa Peringatan Hari Konsumen Nasional Tahun 2023 dengan tema 'Konsumen Berdaya, Ekonomi Lampung Berjaya' dapat meningkatkan pemahaman konsumen tentang hak dan kewajiban mereka serta menganggap konsumen sebagai penentu kegiatan ekonomi.

"Peringatan Harkonas merupakan bentuk kehadiran negara dalam melindungi konsumen sekaligus momentum yang tepat ini juga menjadi pengingat untuk meningkatkan perlindungan konsumen," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ivan Fitriyanto, Direktur Pemberdayaan Konsumen Kementerian Perdagangan, yang hadir dalam peringatan Hari Konsumen Nasional Provinsi Lampung Tahun 2023, menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya acara ini.

"Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Pak Gubernur dan seluruh jajaran di Provinsi Lampung dengan menyelenggarakan acara Hari Konsumen Nasional ini," ucapnya.

Menurutnya, sosialisasi perlindungan konsumen kepada masyarakat dalam Peringatan Hari Konsumen Nasional merupakan hal yang sangat penting.

"Setiap orang adalah konsumen, terlepas dari siapa kita dan apa pekerjaan kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan konsumen dalam bertransaksi, dan dengan bertransaksi, masyarakat Indonesia memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kepercayaan konsumen dalam melakukan transaksi," ucapnya.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan hari ini, karena masih banyak provinsi yang belum sepenuhnya mendukung kegiatan Harkonas, dan Provinsi Lampung sendiri menjadi Provinsi kedua yang menyelenggarakan Harkonas setelah Papua Barat," ucapnya.

"Dengan diselenggarakannya acara ini, berarti pemerintah Provinsi Lampung peduli terhadap konsumen, yang dalam hal ini adalah masyarakat Lampung," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Arinal Djunaidi tampak berinteraksi dan berdialog dengan peserta senam yang berasal dari ASN seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Lampung dan masyarakat.

Gubernur juga berkesempatan mengumumkan pemenang dan menyerahkan hadiah doorprize berupa sepeda listrik, kulkas, sepeda lipat, mesin cuci, ponsel Android, dan hadiah hiburan lainnya kepada pemenang.

Sumber: