Pemprov Lampung Gelar Sosialisasi Teknis Penyusunan Arsitektur SPBE pada SIA

Pemprov Lampung Gelar Sosialisasi Teknis Penyusunan Arsitektur SPBE pada SIA

--gambar: lampungprov.go.id

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER - Gubernur Lampung yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Zainal Abidin, membuka Acara Sosialisasi Teknis Penyusunan Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Sistem Informasi Arsitektur (SIA) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, yang diselenggarakan di Hotel Golden Tulip Springhill, pada hari Kamis (08/06/2023).

Yulia, Sub Koordinator Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Elektronik (PBE) Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, dalam laporannya menjelaskan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini, antara lain:

1. Memberikan pemahaman tentang Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 dan Peraturan Presiden Nomor 132 Tahun 2022.

2. Memastikan keselarasan implementasi SPBE di tingkat Instansi Pusat, Pemerintah Daerah, dan Nasional, untuk mencapai layanan digital nasional yang terpadu.

3. Merupakan tindak lanjut dari FGD Pendampingan Penyusunan Arsitektur SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan oleh Kementerian PANRB.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Gubernur Lampung menjelaskan bahwa pemerintah harus memanfaatkan teknologi untuk memberikan pelayanan yang efektif, efisien, dan responsif kepada masyarakat, mengingat tuntutan dan kebutuhan masyarakat modern yang semakin kompleks. Pemerintah Provinsi Lampung sedang memaksimalkan SPBE melalui aplikasi, regulasi, dan pembangunan peta arsitektur Tata Kelola Pemerintah Berbasis Elektronik dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), sebagai salah satu dari 33 janji kerja "Rakyat Lampung Berjaya" yang berfokus pada Infrastruktur Lampung Berjaya.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan juga menyampaikan pesan dari Gubernur Lampung kepada peserta sosialisasi untuk bersama-sama memperkuat pengetahuan dalam penyusunan arsitektur SPBE pada SIA, guna mewujudkan pemerintahan yang modern, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Narasumber dalam kegiatan Workshop ini berasal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Tenaga Ahli Gubernur Lampung Bidang IT dan Tim Evaluator SPBE RI. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari Perangkat Daerah terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Kepala OPD dan ASN terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Sumber: