10 Keajaiban Bunga Telang: Manfaatnya untuk Kesehatan dan Penyembuhan

10 Keajaiban Bunga Telang: Manfaatnya untuk Kesehatan dan Penyembuhan

--gambar: iStock

LAMPUNGNEWSPAPER - Bunga telang (Clitoria ternatea) merupakan tanaman asli daerah tropis yang terkenal karena kecantikan dan keunikan bunganya. Namun, tidak hanya itu, Bunga telang juga memiliki beragam manfaat yang signifikan bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara mendetail tentang keajaiban Bunga telang dan manfaat-menfaatnya yang luar biasa di berbagai aspek kehidupan.

 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian telah membuktikan bahwa bunga telang dapat efektif menurunkan trigliserida dan kolesterol tinggi, dengan tingkat keampuhan yang sebanding dengan beberapa obat seperti gemfribozil. Bagian tanaman yang paling efektif dalam menurunkan kolesterol total adalah akarnya, yang secara keseluruhan meningkatkan kesehatan jantung.

 

2. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Beberapa penelitian juga telah mengungkapkan bahwa bunga telang dapat meningkatkan kemampuan daya ingat pada tikus, sehingga memiliki potensi untuk digunakan dalam pengobatan demensia pada manusia.

 

3. Pengobatan Gigitan Serangga

Bunga telang memiliki kemampuan alami untuk mengatasi gigitan serangga bahkan gigitan ular beracun. Ekstrak dari bunga telang dapat digunakan sebagai tindakan pertama untuk mengobati gigitan serangga atau hewan berbisa sebelum mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.

 

4. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Bunga telang juga memiliki efek sebagai ekspektoran alami yang dapat meredakan iritasi pada organ pernapasan. Beberapa gangguan pernapasan yang dapat diatasi dengan bunga telang termasuk flu, batuk, dan asma.

 

Sumber: